Tanggul Sungai Cigede Jebol, 1.326 Warga Dayeuhkolot Mengungsi

BANDUNG, JABAR EKSPRES – 1.326 jiwa di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung terpaksa harus dipindahkan ke lokasi pengungsian setelah tempat tinggalnya diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Cigede di Kampung Lamajang Peuntas, Desa Citeureup, pada beberapa waktu lalu.

Pranata Humas Ahli Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (BPBD Jabar), Hadi Rahmat mengatakan, saat ini sudah ada 8 titik lokasi pengungsian di Kecamatan Dayeuhkolot.

“Saat ini sudah ada beberapa titik pengungsian di Kecamatan Dayeuhkolot (Kabupaten Bandung), itu ada 8 titik. Kalau total yang mengungsi itu kurang lebih sekitar 1.326 jiwa dari 428 KK (kepala keluarga),” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh Jabar Ekspres, Sabtu (13/1).

Selain mengakibatkan ribuan jiwa mengungsi, banjir tersebut juga kata Hadi telaj menyebabkan 7.905 rumah, 2 tempat Ibadah, dan 1 sarana umum lainnya di Kecamatan Dayeuhkolot terendam.

BACA JUGA: Polresta Bandung Alihkan Lalu Lintas Imbas Banjir di Kabupaten Bandung

Oleh karena itu, ia menyebut sampai saat ini upaya penanganan di lokasi yang terdampak masih terus dilalukan baik oleh BPBD Jabar, Kabupaten Bandung, maupun petugas lainnya.

“Saat ini kita masih melakukan penanganan, jadi kalau assessment itu sudah, cuman masih berlanjut karena kondisinya juga masih ada genangan. Lalu lokasi terdampak juga, masih ditangani,” ucapnya.

Maka dengan adanya kejadian ini, Hadi menuturkan BPBD Jabar akan terus melakukan uimbauan kepada masyarkat khusunya yang berada di lokasi rawan bencana untuk tetap meningkatkan kesiapsiagaannya ditengah cuaca ekstrim ini.

BACA JUGA: Perbaikan Tanggul Sungai Cikapundung di Braga Dikebut

“Kita akan selalu memberikan jimbauan ke masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrim ini melalui berbagai kanal media, termasuk kita juga melakukan upaya penyebarluasan informasi peringatan dini baik melalui WA blast, ataupun melalui sosmed lainnya. Jadi itu akan selalu kita lakukan untuk meningkatan kesiapsiagaan di ditingkat kabupaten kota,” pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyebut bahwa pemerintah akan segera menanggulangi jebolnya tanggul penahanan Sungai Cigede di Kampung Lamajang Peuntas, Desa Citereup, yang menjadi penyebab terjadinya banjit di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan