Tanggul Sungai Cigede Jebol, BPBD Evakuasi Warga Dayeuhkolot yang Terjebak Banjir

JABAR EKSPRES –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung melakukan evakuasi kepada beberapa warga yang terdampak akibat jebolnya tanggul penahan sungai Cigede di Kampung Lamajang, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (11/1/2024).

Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Bandung, Asep Mahmud, mengatakan, proses berjalan dan beberapa warga telah berhasil dievakuasi.

Menurutnya  saat ini pihaknya sedang mengatur titik jalur untuk mengevakuasi warga yang masih bertahan di rumahnya.

“Saat ini beberapa warga sudah berhasil di evakuasi. Kami saat ini sedang menentukan titik dan jalur evakuasi, terkecuali untuk warga yang memilih bertahan di rumahnya,” ujar Asep saat ditemui di lokasi.

Asep menjelaskan, banyak warga yang bertahan karena berada di lantai 2 rumahnya, namun petugas BPBD tetap melakukan evakuasi demi keamanan dan kesehatan warga.

Ia mengaku, ada 15 warga yang berhasil dievakuasi dalam peristiwa ini.

“Sekarang sudang ada 15 orang yang dievakuasi dan sekarang kita terus melakukan evakuasi kepada beberapa warga,” katanya.

Pihaknya mengaku telah menurunkan beberapa alat seperti tali tambang, webbing, tandu dan lainnya. Karena saat ini kondisi air masih meninggi.

“Proses evakuasi yang kita lakukan lumayan sulit karena kondisi air masih turun naik dan ditambah banyaknya sampah,” ungkapnya.

Untuk petugas yang melakukan evakuasi, kata dia nantinya akan bergiliran antara tim A dan tim B. Karena melihat kondisi yang sulit para petugas harus tetap prima dalam proses evakuasi ini.

“Jadi kita gantian, misal tim a sudah melakukan evakuasi, istirahat dulu, lalu diganti dengan tim b dan seterusnya seperti itu. Ini dilakukan agar petugas yang evakuasi kondisinya prima,” terangnya.

Asep juga mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati terlebih saat ini sedang memasuki musim penghujan.

“Kepada masyarakat saya menghimbau agar tetap berhati-hati dan waspada karena kini memasuki musim penghujan,” pungkasnya.

Sementara saat ini kondisi di lokasi pukul 22.58 WIB para petugas gabungan yang terdiri dari tim Sar, BPBD Kabupaten, Pemadam Kebakaran dan Relawan terus melakukan evakuasi kepada beberapa warga yang terjebak khususnya di RW 17 yang paling terdampak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan