Mulai Besok, ini Bacaan Niat Puasa Rajab, dan Keutamaannya

JABAR EKSPRES – Bulan Rajab menjadi salah satu bulan mulia yang dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah. Salah satu amalan yang banyak dilakukan di bulan rajab adalah puasa rajab.

Puasa yang dilakukan di awal bulan rajab atau tanggal 1 Rajab 1445 Hijriyah akan jatuh pada besok, sabtu 13 Januari 2024 penanggalan Masehi.

Banyak orang yang mempersiapkan dengan khusus untuk menjalankan puasa yang satu ini, namun apakan puasa awal bulan Rajab ini termasuk kedalam puasa sunnah? berikut penjelasannya.

Baca juga : Amalan di Bulan Rajab Berdasarkan Hadist Shohih, Pastikan Mengikuti yang Benar

Bulan Rajab merupakan satu dari lima bulan mulia atau yang disebut dengan bulan haram. Ada anjuran untuk memperbanyak amalan dibulan-bulan haram, termasuk bulan rajab.

Hal ini sesuai dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sayyidah Aisyah yang dikuatkan dengan keterangan Ibnu Abbas ra.

Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering mengingatkan puasa di bulan Haram, termasuk pada bulan Rajab.

Imam Fakhruddin al-Razi dalam kitabnya yang berjudul Mafatih al-Ghaib (juz XVI, halaman 54).

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari.”

Imam Thabrani meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW tidak menyempurnakan puasa sebulan setelah Ramadhan kecuali pada Rajab dan Syaban.

Meski banyak yang menyebutkan tentang keutamaan puasa Rajab, namun tidak ada jadwal pastinya tanggal atau hari dianjurankanya melaksanakan puasa tersebut. Termasuk tidak ada dalil yang pasti menganjurkan tentang puasa Rajab diawal bulan.

Baca juga :  Jadwal Puasa Rajab Lengkap Beserta Niatnya, Simak Dasar Pelaksanaannya di Sini

Namun banyak orang yang melakukan puasa rajab satu hari diawal bulan Rajab, ada juga yang tiga hari, satu pekan bahkan ada yang satu bulan penuh.

Niat Puasa Rajab

Puasa Rajab termasuk salah satu ibadah yang harus diawali dengan niat. Adapun bacaan niat untuk puasa Rajab adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta’âlâ.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan