LG dan Samsung Kenalkan TV Transparan di CES 2024, Mau Beli?

JABAR EKSPRES – Kemunculan perangkat canggih mencuri perhatian di Consumer Electronic Show (CES) 2024, salah satunya adalah TV transparan dari LG dan Samsung.

LG memperkenalkan OLED T, yang mereka klaim sebagai TV OLED transparan nirkabel pertama dengan resolusi 4K dan teknologi transmisi nirkabel untuk audio dan video.

Baca juga : LG Luncurkan TV OLED evo Terbaru, Hadirkan Inovasi dan Terobosan Baru dalam Menonton

Menurut laporan dari Engadget, tampilan objek pada TV transparan ini memberikan kesan seolah-olah objek tersebut muncul dari dalam layar. Klip video yang dihadirkan oleh LG juga dikatakan memiliki kualitas yang sangat jernih dan tajam.

Fitur unggulan lainnya adalah kemampuan layarnya untuk digulung ke bagian bawah dengan menekan tombol khusus. Prosesor Alpha 11 AI yang digunakan oleh OLED T diklaim LG memiliki kinerja grafis 70% lebih baik dan pemrosesan 30% lebih cepat.

Selain itu, TV ini juga menawarkan fitur T-Bar yang menyajikan informasi seperti berita, cuaca, dan judul lagu, sementara sebagian lainnya tetap transparan. Meskipun LG belum memberikan rincian harga OLED T, perusahaan menjanjikan bahwa TV tersebut akan tersedia di pasaran dalam tahun ini.

Samsung TV Transparan

Di sisi lain, Samsung juga memamerkan inovasinya dengan layar transparan MicroLED di CES. Layar ini menciptakan tampilan yang lebih terang dan desain tanpa bingkai dengan panel kaca, dijelaskan oleh Engadget sebagai mirip dengan hologram yang melayang di udara.

Tebal layar MicroLED Samsung hanya satu sentimeter dengan gambar yang tajam. Dengan kecerahan yang lebih tinggi, Samsung memastikan bahwa layar ini minim terpengaruh oleh cahaya di sekitarnya.

Baca juga : Terungkap Faktor Pemilihan CCTV Huawei dalam Proyek Bandung Smart City

Berbeda dengan LG, Samsung telah mengumumkan harga layar transparan mereka, yang mencapai US$150 ribu atau sekitar Rp 2,3 miliar untuk model berukuran 110 inci. Angka tersebut membuatnya menjadi pilihan mewah bagi para penggemar teknologi yang mencari pengalaman menonton yang unik dan futuristik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan