Jadi Pemasok Utama Daging Anjing, Ini Penjelasan DKPP Jabar

JABAR EKSPRES – Wilayah Jawa Barat (Jabar) saat ini disebut sebagai pemasok utama peredaran daging anjing di Indonesia. Bahkan hal itu terungkap, setalah adanya upaya penggagalan terhadap 226 ekor anjing dengan kondisi siap potong di Tol Kalikangkung, Semarang yang dikirim dari wilayah Jabar menuju rumah jagal, di Solo, Jawa Tengah pada beberapa waktu lalu.

Menannggapi hal itu, Kepala Dinas Ketahanan dan Peternakan (DKPP) Jabar, Arifin Soedjayana menyebut, saat ini pemerintah telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Dinas Peternakan di kabupaten/kota untuk dapat mengawasi peredaran daging anjing.

BACA JUGA: Bima Arya Akui ASN Terlibat Aborsi: Siap Berikan Pendampingan Hukum

“Anjing itu boleh dijual, tapi bukan untuk pangan (dikonsumsi) tapi untuk sebagai hewan peliharaan. Jadi kita sudah bikin surat (edaran) ke dinas yang membidangi peternakan di kabupaten kota, agar poinnya mengawasi peredaran daging anjing,” katanya saat dikonfirmasi, Jum’at (12/1).

Arifin tak menampik, saat ini Provinsi Jabar menjadi daerah pemasok utama ke beberapa wilayah indonesia. Hal itu dikarena, Ia menyebut, populasi anjing khusunya selalu dijadikan hewan potong cukup banyak.

“Memang kalau dari sisi populasi (anjing), Jabar cukup banyak. Makanya kalau disebut itu (ratusan anjing yangv akan di potong) berasal dari Jabar, itu iya,” ucapnya

Maka dari itu, agar peredaran daging anjing khususnya di Jabar dapat dicegah, Arifin mengaku pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Dinas Peternakan di Kabupaten/kota, untuk melakukan pengawasan salah satunya di jalut lalu lintas hewan.

BACA JUGA: Diduga Terlibat Kasus Aborsi, ASN di Kota Bogor jadi Tahanan Kota

“Jadi lebih ke lalu lintas hewan (pengawasnya) makanya sesuai dengan permentan nomor 17 tahun 2023 tentang lalu lintas hewan itu ada aturannya, yaituharus diberikan surat rekomendasi pemasukan, pengeluaran, dam kemudian SKKH (surat keterangan kesehatan Hewan) yang dikeluarkan oleh masing-masing Kabupaten/kota yang membidangi peternakan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, ratusan anjing siap potong yang dikirim dari Subang, Jawa Barat menuju rumah potong di Solo, Jawa Tengah berhasil digagalkan oleh petugas di Tol Kalikangkung, Semarang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan