Puskesmas Cipageran Cimahi Bergerak Cepat Amankan Kesehatan Warga

JABAR EKSPRES – Pasca bencana banjir, tim dari puskesmas Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara turun ke lokasi di wilayah RW13 untuk memastikan kesehatan warga yang terdampak banjir.

Saat ditemui awak media, Kepala puskesmas Cipageran, Drg. Irmawati mengatakan pihaknya langsung turun untuk menangani korban banjir.

“Kami mulai menyisir, melakukan pendataan ke warga sekitar, mana yang mempunyai masalah kesehatan dan lain-lain, lalu kita juga lakukan pemeriksaan,” ucap Drg. Irmawati di Puskesmas Cipageran, Jumat, 12 Januari 2024.

BACA JUGA: Braga Bandung Diterjang Banjir, Puluhan Rumah Warga Terendam

Pihaknya telah menyiapkan peralatan medis dan kebutuhan kesehatan esensial untuk memberikan bantuan kepada warga yang sedang mengalami dampak gejala bencana banjir.

“Besoknya kita lanjut melakukan pemeriksaan dan pemberian obat. Beberapa ada yang mulai keluhan gatal-gatal, anak kecil kemarin juga sempat ada yang demam, diare, muntah-muntah,” ungkap Drg. Irmawati.

“Rata-rata penyakit yang muncul akibat dampak cuaca yang dingin juga,” tambahnya.

Irma menerangkan, sekitar 15 orang mengalami masalah kesehatan selama kunjungan, sementara sisanya dalam kondisi baik. Menurutnya pada hari keempat pemeriksaan menunjukkan perbaikan pada mereka yang sebelumnya mengalami keluhan.

BACA JUGA: Jalan Braga Bandung Kembali Dibuka Setelah Diterjang Banjir

“Kita lihat terus kelapangan, sampai mereka insyallah tidak ada keluhan,”ucapnya.

Irma berharap, agar semua dapat pulih sepenuhnya dan para yang sedang sakit semoga lekas sembuh.

“Harapannya sebetulnya dengan dampak yang kemarin, secara materil mungkin mereka terdampak, tapi secara kesehatan kita upayakan mereka sehat agar bisa beraktivitas kembali,” pungkasnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan