Overthinking Itu Gak Baik! Ini Dia Solusinya

JABAR EKSPRES – Menurut Psikolog Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog, mengatakan berpikir berlebihan alias overthinking bisa memberikan efek yang tidak baik.

Banyak sekali orang yang melakukan overthinking padahal dia tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, hal semacam ini ada perilaku buruk yang sering kita lakukan.

“Banyak orang menganggap kalau overthinking merupakan kebiasaan baik yang bertujuan untuk berhati-hati sebelum mengambil keputusan. Padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti jadi sulit tidur karena terus kepikiran,” kata Prita dikutip dari laman Antara News, Kamis (11/1/2024).

BACA JUGA: 3 Herbal yang Bisa Atasi Depresi, Mau Coba?

Jika kamu sedang memiliki pikiran yang berlebihan atau sedang memikirkan ekspetasi – ekspetasi buruk yang belum tentu kamu dapat, ini dia beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut.

1. Berjalan kaki

Tahukah Anda kalau berjalan kaki selama 10 menit bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang?

Ketika kita sedang berjalan kaki sendirian tanpa melakukan aktivitas lain seperti sambil memegang handphone, kita akan merasakan sensasi yang luar biasa seperti merasakan oksigen yang kita hirup mendengar suara-suara alam hal tersebut dapat mengobati pikiran yang berlebihan dan kita akan kembali fokus.

2. Melakukan meditasi

Meditasi ada kegiatan yang dapat menenangkan hati dan batin kita, dengan pikiran yang terfokus pada satu titik, kita tidak akan terdistraksi dengan gangguan-gangguan karena sedang fokus.

3. Mendengarkan musik

Musik adalah suara yang dapat membuat kita bahagia, banyak sekali jenis musik yang bisa kita pilih sesuai suasana hati kita.

BACA JUGA: Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Jantung, Keterkaitan yang Perlu Diketahui

Seperti Musik relaksasi dapat membuat kita lebih tenang dalam melawan suasana hati yang kacau dan pikiran yang berlebihan.

4. Membaca buku

Membaca buku adalah kegiatan yang dapat menambah informasi dan wawasan kita, sama halnya seperti musik, buku juga memiliki jenis yang berbeda-beda seperti komik dan novel.

Dengan membaca komik ataupun novel kita akan berimajinasi seolah kita masuk kedalam cerita tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan