Banjir Bandang Disertai Lumpur Terjang Pemukiman Warga Desa Suntenjaya Lembang

Jabar Ekspres – Banjir bandang disertai lumpur menerjang pemukiman warga di Kampung Cibodas RT03/RW14, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Kamis (11/1/2024) siang.

Kepala Desa Suntenjaya, Asep Wahono membenarkan hal itu. Ia menyebut, banjir lumpur dengan arus deras muncul setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Lembang.

“Debit air dari arah hulu mengalir deras dengan membawa material lumpur dan ranting pohon. Saat ini kondisinya masih banjir. Banjirnya banjir lumpur sejak tadi jam 14.00 WIB. Kami masih berupaya meminimalisir dampak agar banjir tak meluas,” ujar Asep Wahono saat dihubungi, Kamis (11/1/2024).

Menurutnya, banjir tersebut terjadi diakibatkan oleh beberapa bantaran sungai mengalami longsor sehingga aliran air tertutup.

BACA JUGA: Longsor Gunung Anaga Purwakarta, Kerusakan Semakin Meluas

“Banjit ‘cileuncang’ itu datang tiba-tiba sesaat setelah hujan deras melanda. Belum lagi aliran sungai tertutup material longsor,” jelasnya.

“Debit air yang tidak tertampung akhirnya meluap dengan membawa material lumpur dan sampah ranting pohon. Banjir lumpur itu seketika menerjang rumah warga dan beberapa lahan perkebunan,” tambahnya.

Sampai saat ini, terhitung dua rumah warga terendam banjir lumpur. Masyarakat beserta petugas gabungan tengah berupaya mengevakuasi material lumpur yang masuk rumah warga.

“Ada dua rumah warga yang terendam. Saat ini sedang diupayakan pembersihan sampah yang terbawa banjir oleh warga,” sebut Asep.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor Landa Sukabumi, 6 Warga Mengungsi

Hingga saat ini, banjir lumpur di lokasi masih terjadi meski debitnya mulai reda. Sementara petugas melakukan asesmen dan mendata berapa jumlah rumah dan lahan perkebunan warga yang terdampak.

“Kalau perkebunan warga belum dicek. Yang jelas ada dua rumah warga yang terendam. Tapi data keseluruhannya nanti tunggu hasil pengecekan selesai ya,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan