Lima Jenis Surat Suara Pemilu Diterima, KPU Kota Bogor Janji Perketat Keamanan di Gudang Logistik

JABAR EKSPRES – Seluruh jenis surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor.

Dari lima jenis surat suara yang dikirimkan bertahap, surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden menjadi pengiriman terakhir yang diterima KPU Kota Bogor pada Rabu, 10 Januari 2024 malam.

Sebanyak 817.283 lembar surat suara Pilpres itu secara simbolis diterima Komisioner KPU Kota Bogor dan disaksikan langsung oleh perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor serta pihak kepolisian di Gudang Logistik yang berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal.

“Ini merupakan penerimaan terakhir dari seluruh surat suara mulai DPRD Kota Bogor, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPR RI dan DPD untuk wilayah Kota Bogor telah diterima,” kata Komisioner KPU Kota Bogor Divisi Hukum dan Pengawasan, Dede Juhendi saat ditemui di lokasi.

Setelah dilakukan penyimpanan di gudang logistik pihaknya menargetkan penyortiran dan pelipatan (Sorlip) surat suara yang telah dimulai sejak Senin, 8 Januari kemarin untuk DPR RI, dan ditargetkan selesai hingga 17 Januari 2024 mendatang.

BACA JUGA: 1.072 Warga Terlibat Sorlip di KPU Kota Bandung

“Dua hari kemarin itu, Alhamdulillah kita sudah selesai melakukan sortir lipat surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI. Nanti dilanjutkan dengan sortir lipat untuk surat suara anggota DPRD Provinsi Jawa Barat,” jelas Dede.

Pihaknya mencatat pada Pemilu 2024 ini, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bogor mencapai 800.081 orang.

Dari 817.283 lembar surat suara dari masing-masing jenis baik untuk Pilpres maupun Pileg yang sudah diterima tersebut, sebanyak dua persen dari jumlah DPT masuk dalam daftar surat suara cadangan guna mengantisipasi adanya kerusakan surat suara.

Diketahui, selain di gudang logistik Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, sebagian surat suara tersebut juga disimpan di gudang logistik Gedung Perkumpulan Organisasi Wanita (POW) yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah.

BACA JUGA: Kerja 7 Jam Perhari, Tenaga Sorlip KPU Kota Sukabumi Dapat Bayaran Segini

Dede berjanji, pihaknya bakal memperketat keamanan di dua gudang logistik tersebut dengan bantuan petugas kepolisian yang bersiaga di area gudang logistik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan