Apa Itu Verval? Bagi Gapyear yang Ikut SNBT 2024

JABAR EKSPRES – Ketahui seputar verval bagi gapyear atau alumni yang akan ikut SNBT 2024 berikut ini.

Sebagaimana sudah diumumkan, lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2022 dan 2023 masih bisa mengikuti SNBT 2024.

Namun, bagi mereka yang ingin mengikuti SNBT 2024, salah satu syaratnya adalah harus memiliki akun SNPMB siswa. Sehingga perlu registrasi akun SNPMB siswa terlebih dahulu di portal SNPMB.

Pembuatan akun SNPMB 2024 resmi dibuka dan sudah bisa dilakukan oleh sekolah, siswa lulusan 2024, gapyear dan alumni lulusan 2022 serta 2023 sejak 8 Januari 2024.

Lalu Apa Itu Verval?

Verval yang dilakukan saat pendaftaran akun SNPMB 2024 adalah proses verifikasi dan validasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik lulusan SMA/SMK/MA/Ulya.

Proses verval juga dilakukan peserta didik SMA sederajat yang merupakan lulusan sekolah di luar negeri yaitu bagi siswa luar negeri yang berasal dari sekolah non SRI (Sekolah Rakyat Indonesia) melalui laman verval khusus lulusan sekolah luar negeri.

Dikutip dari situs SNPMB BPPP, jika terdapat kesalahan data bagi mereka yang gapyear atau merupakan alumni, langkah-langkah yang dapat diambil adalah:

  1. Periksa kembali status keaktifan NISN Anda melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id.
  2. Jika terdapat kesalahan data, Anda dapat melakukan verifikasi dan validasi data alumni melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan.

BACA JUGA: Data NISN Salah saat Daftar Akun SNPMB 2024, Ini Cara Mengatasinya

Data yang perlu diisi ketika melakukan verval NISN tersebut di antaranya:

  1. Nomor NISN (jika memiliki NISN)
  2. NIK (sesuai yang tercatat di Dukcapil KTP/KK)
  3. Nama
  4. Tempat Lahir
  5. Tanggal Lahir
  6. Jenis Kelamin
  7. Nama Ibu Kandung
  8. Email pribadi yang aktif (Nantinya notifikasi akan dikirimkan melalui email)
  9. Profil lulusan SMA Sederajat mulai dari tahun ajaran, sekolah lulusan, peminatan (sesuai di ijazah) dan juga mengunggah file Ijazah SMA sederajat dengan ukuran maksimal 1 MB
  10. Profil lulusan SMP Sederajat mulai dari dari tahun ajaran, sekolah lulusan, NISN SMP (tertera di Ijazah) dan juga mengunggah file Ijazah SMP sederajat dengan ukuran maksimal 1 MB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan