5 Tips Ampuh Mengatasi Kebiasaan Buruk Menunda, Begini Caranya

JABAR EKSPRES – Menunda pekerjaan atau prokrastinasi adalah sebuah kebiasaan buruk yang dapat berdampak negatifpada kehidupan kita.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan.

Menunda-nunda pekerjaan dapat menjadi kebiasaan buruk yang menghambat produktivitas dan pertumbuhan pribadi. Tentu halini tidak baik untuk dibiasakan.

Jika kamu merasa sering menunda pekerjaan, artikel ini menjadisolusi untuk kamu yang ingin merubah kebiasaan buruktersebut, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untukmengatasinya, simak sampai akhir ya!

BACA JUGA: Tips Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik dan Nyaman!

Dikutip dari buku “Get Smart” karya Brian Tracy, seorang pakarinternasional terkemuka dalam kesuksesan dan pencapaian, berikut adalah beberapa strategi teruji untuk menghilangkankebiasaan menunda:

1. Buat sebuah daftar segala hal yang harus dikerjakan setiaphari sebelum kamu memulai, salah satunya dengan metodeAfirmasi.

Berikan Afirmasi yang positif setiap saat agar kamu konsistenapa yang kamu targetkan. Ucapkan selalu kata-kata “sayaingin bisa,” atau “saya pasti bisa,” dan “saya harus sukses,”setiap saat.

2. Periksa tugas terpenting kamu, dan buat daftar semua langkahyang dapat kamu ambil untuk menyelesaikan tugas tersebut.

3. Praktikkan metode “memecah-mecah”. Pecahlah satu tugasbesar menjadi bagian-bagian kecil pekerjaan dan kerjakanhanya bagian kecil itu saja.

Sering kali cara ini akan membuatkamu memulai pekerjaan kamu dengan semangat, sehinggatanpa disadari semua pekerjaan kamu telah selesai.

BACA JUGA: Tips Mengembalikan Motivasi Kerja yang Kendor Setelah Libur Panjang!

4. Pilih satu bagian dari satu tugas besar, putuskan untukmenyelesaikan satu tindakan itu segera.

Seringnya, ini akanmengakhiri penundaan yang menghambat dan membuat kamumulai mengerjakan tugas yang lebih besar.

5. Beri hadiah untuk diri sendiri. Beri hadiah spesifik untuk dirisendiri, misalnya secangkir kopi, ice cream atau bisa jugadisesuaikan dengan apa yang kamu inginkan saat itu.

Jangan salah, istirahat sejenak karena telah menyelesaikan satu daribagian tugas yang ada di list kamu juga dapat membuat badanmenjadi lebih tenang.

Itulah 5 tips mengatasi kebiasaan buruk menunda-nunda yang bisa kamu terapkan mulai hari ini juga.

Dengan menerapkan tips ini, kamu dapat mengubah kebiasaan buruk menunda menjadikebiasaan produktif yang membantu mencapai tujuan atauimpian kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan