Alutsista Banyak Dibahas di Debat Capres, Apa itu? Ini Penjelasan dan Jenisnya

JABAR EKSPRES- Pada hari Minggu 7 Januari 2024, debat Capres putaran ketiga dilaksanakan dengan membawa beberapa tema seperti, Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Pada debat Capres ke-3 kali ini sering sekali para calon Presiden membahas Alutsista. Apa itu Alutsista? Untuk kamu yang ingin mengetahui apa itu pengertiannya simaklah artikel ini sampai akhir.

Dikutip dari website Kemenhan (Kementrian Pertahanan) bahwasanya Alutsista merupakan akronim atau singkatan dari Alat Utama Sistem Senjata yang digunakan para TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Alutsista ini juga merupakan suatu sistem senjata yang mempunyai kemampuan untuk pelaksanaan tugas pokok Tentara Nasional Indonesia.

Ini mencakup berbagai macam peralatan dan sistem persenjataan yang digunakan oleh suatu negara untuk mempertahankan keamanan dan kedaulatan. Alutsista mencakup berbagai jenis peralatan militer, termasuk pesawat tempur, kapal perang, tank, senjata, dan sistem pertahanan udara.

Jenis-Jenis Alat Utama Sistem Senjata

Beberapa jenis Alutsista yang umum meliputi

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft): Pesawat tempur adalah pesawat militer yang dirancang untuk melakukan misi udara, seperti serangan udara dan pertempuran udara.

Kapal Perang (Warships): Kapal perang melibatkan kapal-kapal yang digunakan untuk keperluan militer, termasuk kapal induk, kapal perusak, kapal selam, dan kapal amfibi.

Baca juga: Debat Capres Ketiga, El Chef Anies Baswedan Kembali Menggoreng

Baca juga: Ketua KPU Sebut Debat Capres Ketiga jadi Ajang Pertimbangan Pilihan Pemilih

Tank: Kendaraan lapis baja bergerak yang dirancang untuk berpartisipasi dalam pertempuran darat. Tank digunakan untuk menyerang musuh dan memberikan dukungan kepada pasukan darat.

Senjata dan Sistem Persenjataan: Termasuk senjata api, artileri, rudal, dan sistem pertahanan udara. Ini mencakup berbagai macam peralatan yang dapat digunakan untuk serangan atau pertahanan.

Sistem Pertahanan Udara: Sistem yang dirancang untuk mendeteksi, melacak, dan merespons ancaman udara, termasuk rudal pertahanan udara dan sistem radar.

Kendaraan Tempur Darat: Selain tank, ini mencakup kendaraan lapis baja lainnya yang digunakan untuk transportasi dan dukungan pasukan darat di medan perang.

Sistem Elektronika Tempur: Sistem ini mencakup peralatan elektronik yang digunakan untuk mendukung operasi militer, seperti komunikasi, pengawasan, dan pertahanan siber.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan