Terbaru! Layanan Bus Skema BTS dari Cibinong Terkoneksi ke Ciparigi Kota Bogor Bulan Depan

JABAR EKSPRES – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus memperkuat penataan angkutan umum melalui program Buy The Service (BTS).

Teranyar, BPTJ berencana akan mengoperasikan layanan bus skema BTS dengan rute Cibinong, Kabupaten Bogor – Ciparigi, Kota Bogor pada Februari 2024 mendatang.

Diketahui, pada tahap awal akan dilakukan uji coba 1 koridor dengan mengerahkan sekitar 15 armada bus sejenis BisKita Trans Pakuan yang ada di Kota Bogor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Marse Hendra Saputra mengatakan, rencana BTS Cibinong – Ciparigi menjadi bagian dari penguatan program penataan angkutan umum yang tengah digaungkan di Kota Bogor.

“Program lain yang akan diperkuat juga adalah BTS Extension. Jadi nanti dari Cibinong akan ada pelayanan BisKita sampai ke Ciparigi,” katanya dikutip Sabtu, 6 Januari 2024.

Dirinya meyakinkan, bahwa secara infrastruktur Kota Bogor sudah siap ketika rencana layanan bus tersebut beroperasi dengan koridor 5 yang melayani rute layanan Ciparigi – Stasiun Bogor.

“Di kami lebih menerima, karena sub terminal Ciparigi menjadi koridor 5 sehingga sudah siap semua kalau kemudian ada peralihan penumpang bus yang datang dari Cibinong,” tutur Marse.

Ia menambahkan, disisi lain Dishub Kota Bogor juga kembali mendorong pemerintah pusat terkait penambahan dua koridor baru untuk layanan BisKita Trans Pakuan yang sudah digaungkan sejak tahun lalu.

Kedua koridor itu yakni koridor 3 dengan rute Bubulak-Sukasari yang melintas di wilayah Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan. Pada koridor ini diperkirakan me­miliki panjang sekitar 25,4 kilome­ter.

Kemudian, koridor 4 dengan rute Ciawi-Ciparigi yang melintas via Jalan Raya Pajajaran sepanjang 36,0 kilometer. Rencananya, ada 26 bus yang diperuntukkan untuk melayani koridor 3 dan 4.

Diketahui, saat ini ada 49 BisKita Trans Pakuan yang beroperasi di 4 koridor di Kota Bogor yakni, koridor 1, 2, 5, dan 6.

“Untuk penguatan BTS saat ini sudah punya 4 koridor dan masih ada 2 koridor lagi yang menjadi PR (pekerjaan rumah) bersama antara kami dengan BPTJ,” ucap Marse.

“Mudah-mudahan bisa direalisasikan dari BPTJ tahun ini. Tapi opsi kami juga akan memohon bantuan untuk penambahan koridor 3 dan 4 ke provinsi,” tukas dia. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan