Kemenhub Sampaikan Rasa Duka Cita Atas Kecelakaan 2 Kereta Api di Cicalengka

JABAR EKSPRES – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maaf atas kecelakaan kereta api antara kereta api Surabaya Gubeng-Bandung-Turanga dengan KRL Commuter Line yang menyebabkan kekacauan lalu lintas.

“Kementerian Perhubungan menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam atas terjadinya kecelakaan kereta api pagi ini (Jumat) di perlintasan Cikarenka-Haupguru, Bandung,” kata Adita Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dikutip dari Antara, Jumat (5/1/24)

Adita mengatakan Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), telah mengerahkan tim all out untuk segera mengevakuasi masyarakat dan sarana prasarana perkeretaapian yang terdampak.

BACA JUGA : Imbas Kecelakaan 2 Kereta di Cicalengka, Penumpang di Stasiun Bandung Alami Keterlambatan 

Hal ini dilakukan untuk memastikan layanan kereta api dapat segera berfungsi dengan baik.

Atas nama Pemerintah, ia memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat agar evakuasi dapat segera diselesaikan.

Saat ini, pada ruas jalan Km 181+700 antara stasiun Haupgul dan Cikalenka, jalur kereta api Haupgul-Cikalenka tidak dapat dilalui dan ditutup pada pukul 06.03 WIB oleh KKA antara KA Turanga dan KRL Bandung Raya relasi Surabaya Gubeng Bandung.

BACA JUGA : Akibat Kecelakaan Antara Kereta Api Turangga dan KRD di Cicalengka, 3 Orang Meninggal Dunia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini tengah berupaya mengevakuasi penumpang dari dua kereta yang terdampak bencana.

Vice President Sekretaris Perusahaan KAI Raden Agus Dwinant Budiaj mengatakan upaya KAI selanjutnya adalah mengevakuasi kedua kereta tersebut dan memperbaiki rel kereta yang mengalami kerusakan.

Untuk perjalanan kereta api di wilayah Haupgur-Chikalenka, KAI mengupayakan pengembangan pola operasi berupa detour dan memutar dengan menggunakan moda transportasi lain.

KAI juga akan melakukan investigasi bersama dengan KNKT untuk memastikan penyebab kecelakaan.

“Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut terkait kejadian ini secepatnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan