Harga Emas Antam Hari ini Naik Rp2.000

JABAR EKSPRES- Pada Jumat (5/1/2024), terjadi kenaikan harga emas produksi PT Aneka Tambang sebesar Rp2 ribu, membuat harga emas Antam saat ini mencapai Rp1,125 juta per gram. Begitu pula dengan harga beli kembali (buyback) emas Antam, mengalami peningkatan sebesar Rp2 ribu menjadi Rp1,023 juta per gram.

Berikut adalah daftar harga emas batangan Antam per hari ini dalam pecahan berbeda, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram, tanpa memperhitungkan Pajak Penghasilan (PPh) 22 sebesar 0,45 persen untuk pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli tanpa NPWP mendapatkan potongan pajak lebih tinggi, yaitu 0,9 persen.

Emas dianggap sebagai instrumen investasi yang berguna untuk mendiversifikasi portofolio. Karena nilai emas sering bergerak berlawanan dengan aset investasi lainnya seperti saham atau properti, hal ini membuatnya menjadi opsi menarik untuk mengurangi risiko.

Seiring turunnya harga saham atau properti, nilai emas cenderung naik, memberi kelegaan kepada investor yang telah mendiversifikasi portofolio mereka dengan emas.

Menurut MoneyWeek, emas dapat dianggap sebagai asuransi untuk portofolio investor, dan disarankan untuk mengalokasikan sekitar 5 hingga 15 persen dari portofolio untuk investasi emas.

Meskipun investasi emas dianggap aman dan mudah, penting untuk menentukan tujuan investasi sebelum memulai, terutama jika investasi tersebut bersifat jangka pendek, mengingat adanya selisih harga jual dan beli yang dapat berpotensi menyebabkan kerugian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan