6 Kecelakaan Kereta Api di Dunia yang Paling Mematikan

Pada bulan Juni 1981, India mengalami musim hujan yang parah, menyebabkan air sungai meluap dan angin kencang menghantam bangunan serta jembatan. Pada tanggal 6 Juni, sebuah kereta api yang terlalu penuh dengan hampir 1.000 penumpang berangkat dari Mansi menuju Saharsa.

Saat melewati jembatan di atas sungai yang meluap, kereta tiba-tiba tergelincir dan tujuh dari sembilan gerbongnya jatuh ke Sungai Baghmati. Beberapa laporan berbeda tentang penyebab kecelakaan tersebut. Kementerian Pembangunan Pedesaan menyebutkan pengereman mendadak sebagai penyebabnya, sedangkan Ketua Dewan Perkeretaapian India mengatakan bahwa angin kencanglah yang menyebabkan kereta tergelincir.

Ahli percaya bahwa kombinasi dari hujan deras, keberadaan hewan yang berkeliaran di rel, dan mungkin juga keyakinan sang masinis untuk menghindari menabrak hewan suci, menyebabkan kecelakaan tersebut. Sekitar 600 orang diperkirakan tewas, dan bantuan tidak datang dengan cepat karena lokasi bencana yang terpencil.

4. Kereta Api Ciurea – 700 Orang Meninggal

Pada bulan Januari 1917, Rumania dihantui kekerasan Perang Dunia I. Warga sipil dan tentara berusaha melarikan diri dari serangan Jerman. Sekitar 1.000 orang memadati 26 gerbong kereta yang melakukan perjalanan antara Iasi dan Barlad.

Ketika kereta mendekati stasiun Ciurea, rem kereta rusak karena tentara yang berkeliaran dan gerbong yang penuh sesak. Kereta tidak dapat melambat dan terus melaju di turunan curam sejauh 10 mil. Mesin kereta diputar ke belakang dan peralatan pengamplasan digunakan, tetapi tidak membantu.

Di stasiun, kereta kedua menghalangi jalur lurus dan memaksa kereta yang sedang melaju beralih ke jalur kanan. Hal ini membuat kereta tergelincir dengan kecepatan tinggi, menyebabkan 24 gerbong keluar dari rel dan terbakar. Kejadian ini menjadi momen tragis yang mengguncang Rumania dalam keadaan perang.

5. Maurienne Derailment – Sekitar 800 & 1,000 Orang Meninggal

Insiden Saint-Michel-de-Maurienne merupakan bencana kereta api terburuk dalam sejarah yang terjadi pada masa Perang Dunia I. Kereta api yang membawa lebih dari 1.000 tentara Prancis melakukan perjalanan dari Italia ke Prancis.

Meskipun para tentara berharap untuk beristirahat sejenak, banyak dari mereka tidak memiliki kesempatan untuk kembali ke rumah. Ada 982 tentara yang tercatat berada di 19 gerbong kereta, tetapi kemungkinan ada lebih banyak penumpang yang tidak dilaporkan karena kekurangan lokomotif.

Tinggalkan Balasan