Video Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, 3 Orang Meninggal Dunia

JABAR EKSPRES – Pada Jumat pagi (5/1), terjadi kecelakaan maut di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang melibatkan dua kereta api yang bertabrakan. Kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Ketiga korban yang meninggal adalah masinis dan asisten masinis dari Kereta Api Lokal Padalarang, serta seorang pramugara dari Kereta Api Turangga.

Tabrakan kereta api tersebut terjadi di perlintasan Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung. Saat ini, tim gabungan sedang melakukan pendataan penumpang dari kedua kereta yang terlibat kecelakaan.

Lokasi tabrakan kereta api berada jauh dari pemukiman penduduk dan akses jalan raya.

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa sejumlah perjalanan kereta api yang terdampak akan dialihkan melalui rute memutar melalui Bandung, Cikampek, dan Kroya. Jalur ini akan membuat perjalanan kereta api menjadi lebih lama sekitar 2-3 jam.

Hingga saat ini, seluruh penumpang dari Kereta Api Turangga yang anjlok dilaporkan selamat. Namun, belum diketahui apakah ada penumpang yang mengalami luka-luka.

Baca Juga: KAI Sampaikan Permohonan Maaf Imbas Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka

Seluruh penumpang kedua kereta yang anjlok sedang dievakuasi dan dalam kondisi baik. Polisi bersama dengan Basarnas, Damkar, dan Dinkes, masih melakukan upaya evakuasi dan membuat garis batas aman agar tidak ada yang mendekati lokasi kejadian.

Akibat kecelakaan ini, tiga orang dilaporkan meninggal dunia dan beberapa penumpang lainnya mengalami luka-luka. Dalam video yang beredar, terlihat kereta dalam posisi berhenti dan beberapa gerbong bahkan terbalik.

Beberapa penumpang terlihat berjalan menjauhi kereta yang terguling, sementara sejumlah gerbong tampak rusak berat. Para penumpang menyusuri pematang sawah yang berada di sebelah rel kereta, banyak dari mereka yang membawa koper dan barang-barang lainnya.

Dansatgas KAI, Imam Riadi, menyampaikan bahwa pihaknya akan menjadikan kejadian ini sebagai pembelajaran untuk melakukan pencegahan kecelakaan di masa depan.

Pihak kepolisian dan PT KAI akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan ini. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada saat menggunakan transportasi kereta api dan selalu mematuhi aturan keselamatan yang ada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan