Malam Tahun Baru, Polisi Terapkan 3 Rekayasa Lalulintas di Puncak

Jabarekspres.com,BOGOR – Polisi memprediksi akan ada peningkatan jumlah kendaraan yang akan masuk ke kawasan Puncak pada libur akhir tahun, Minggu (31/12) besok.

Jumlah kendaraan akan meningkatkan pada pagi hari, mengingat pada pukul 18.00 WIB polisi akan menutup jalur menuju kawasan puncak.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan, pada saat pergantian malam tahun baru atau akhir tahun polisi berencana akan melakukan rekayasa lalulintas guna mengurai kemacetan.

“Satlantas Polres Bogor akan melakukan 3 rekayasa lalulintas, pembukaan jalur contraflow, pemberlakuan gage dan one way,” katanya saat ditemui di Simpang Gadog, Sabtu (30/12) malam.

Pembukaan jalur contraflow itu akan diterapkan di exit tol Ciawi, kemudian untuk ganjil-genap dan One way akan diberlakukan di Simpang Gadog.

“Untuk sore harinya kita akan lihat secara situasional arus kendaraan yang akan turun apabila memang terjadi antrean yang cukup panjang kendaraan yang akan turun dari puncak menuju jakarta maka kita berlakukan one way arah bawah,” ucapnya.

Kemudian pada saat pukul 18.00 WIB. Petugas juga akan mengalihkan arus atau penutupan bagi kendaraan dari luar wilayah Kabupaten Bogor yang akan masuk ke kawasan Puncak.

Sehingga kendaraan yang akan menuju puncak atau cianjur dialihkan melalui rute sukabumi cianjur dan satu rute lagi melalui rute cibubur, cileungsi, jonggol kemudian cianjur maupun bandung.

“Mengingat aktifitas masyarakat lokal cisarua maupun megamendung itu masih cukup tinggi maka kami berikan keleluasaan untuk beraktifitas sampai pukul 21.00 WIB,”imbuhnya.

Namun pada saat pukul 21.00 sampai 01.00 WIB akan diberlakukan Car free Night kurang lebih 5 jam lamanya.

“Kami lakukan penyekatan di tiga titik kemudian penutupan di jalur alterntatif yang terakses dengan jalur utama jalan raya puncak, sehingga diharapkan tidak ada kendaraan yg melintas baik roda dua maupun roda empat,”pungkasnya. (SFR)

Writer: Sandika Fadilah

Tinggalkan Balasan