Selama 2023, Ada Ratusan Polisi di Jabar Tercatat Melanggar Disiplin hingga Kode Etik

JABAR EKSPRES  – Ratusan polisi di Jawa Barat (Jabar) tercatat telah melakukan pelanggaran baik disiplin sebagai anggota maupun kode etik sepanjang tahun 2023 ini.

Bahkan berdasarkan data dari Bidpropam Polda Jabar, Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, untuk pelanggaran disiplin tercatat ada sekitar 304 anggota kepolisian.

“Tapi ini (pelanggaran disiplin) untuk anggota dibandingkan tahun lalu, ini menurun sebanyak 34,48 persen. Jadi jumlahnya di tahun 2022 (lalu) itu sebanyak 464, sedangkan di tahun 2023 itu 304. Jadi memang pelanggarannya itu menurun,” katanya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jum’at (29/12).

Untuk pelanggaran kode etik sendiri, Ibrahim mengungkapan bahwa Bidpropam Polda Jabar berhasil mencatat sebanyak 101 anggota kepolisian. Namun ia mengklaim, pelanggaran kode etik kepada para anggota Polda Jabar tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 lalu.

“Kode etik yang diterapkan kepada personel di tahun 2022 itu sebanyak 118 orang (anggota). Sedangkan di 2023, itu ada 101 orang. Jadi jika dibandingkan dengan tahun lalu, ini menurun kepada anggota yamg dilaksanakan kode etik,” ujarnya

Meski begitu, Ibrahim menuturkan di sepanjang tahun 2023 ini ada sekitar 20 orang anggota Polda Jabar yang terpaksa harus diberi tindakan dengan cara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

“Jadi pada tahun 2023 ini ada sebanyak 20 orang atau anggota (kepolisian dari Polda Jabar) yang harus di PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormati),” pungkasnya

(San).

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan