Kebutuhan Pokok di Jabar Aman Jelang Pergantian Tahun

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Disperindag Jabar) mengklaim bahwa ketersedian kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) untuk tahun baru 2024, sudah dipastikan aman.

Bahkan berdasarkan laporan yang diterimanya dari 27 Kabupaten/kota, Noneng Komara Nengsih selaku Kepala Disperindag Jabar mengaku, kebutuhan pokok tersebut sampai saat ini sudah tersedia di seluruh pasar.

“Menjelang tahun baru saya pastikan aman karena saya mendapatkan laporan terus dari Kadis Indag di seluruh Jabar bahwa barang (kebutuhan pokok) semuanya ada di pasar,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (31/12).

Meski dipastikan aman, Noneng mengatakan, sampai saat ini harga kebutuhan pokok masih ada yang mengalami kenaikan seperti cabai.

BACA JUGA: Mencatat Prakiraan Hujan Lebat di Kota Bandung Sepekan Kedepan

“Tapi, sebetulnya tidak ada yang signifikan (naiknya). Cuman memang cabai-cabaian itu masih relatif tinggi tapi sudah menurun banyak. Jadi kemarin sempat sampai Rp120 ribu (per kilo), tapi sekarang sudah turun banyak. Beras juga demikian sekarang sudah menurun lagi, kemudian daging juga sama,” ucapnya

Akan tetapi, Noneng menuturkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan agar ketersedian termasuk harga kebutuhan pokok di Jabar dapat terus dipastikan aman.

“Memang masih ada yang mengalami peningkatan. Makanya kita akan terus melakukan yang namanya Opadi (Optimalisasi Pusat Distribusi Provinsi untuk Pengendalian Inflasi). Bahkan dari Kabupaten/kota juga, ada yang melakukan intervensi masing-masing terhadap pasar tersebut,” tuturnya.

“Jadi itu (Opadi) akan terus kita lakukan. Kita akan melihat lagi pergerakan harga. Jadi begitu ada pergerakan harga yang diatas rata-rata atau kewajaran, kita akan melaksanakannya,” imbuhnya.

BACA JUGA: Upaya Kota Cimahi Bendung Bencana Hidrometeorologi

Sebelumnya, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyebut jelang tahun baru 2023 masih ada sejumlah kebutuhan bahan pokok yang masih mengalami kenaikan seperti salah satunya gula pasir yang menyentuh diangka Rp 16.000 ribu dari sebelumnya Rp 14.500 per kilogram.

Meski begitu, Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah menuturkan ada juga beberapa bahan pokok yang telah mengalami penurunan seperti cabai dari Rp120.000 perkilo, kini menjadi Rp100.000, bawang merah menjadi Rp40.000, telur ayam Rp28.000, dan Beras medium Rp10.900. Sedangkan untuk daging ayam kini menjadi Rp32.000 – Rp34 Ribu,, dan daging sapi kini Rp130.000 perkilonya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan