Jelang Malam Pergantian Tahun, Volume Kendaraan Menuju Wisata Kabupaten Bandung Meningkat

JABAR EKSPRES – Menjelang malam pergantian tahun 2024, kondisi lalu lintas di Pertigaan Simpang Sadu, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (31/12/2023) mengalami peningkatan kendaraan.

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Simpang Tiga Sadu, Iptu Yusup Juhara mengatakan saat ini volume kendaraan terus meningkat sejak hari Jumat kemarin.

“Dari hari Jumat kemarin sampai hari ini kendaraan yang melintas terus meningkat,” ujar Yusup saat ditemui di lokasi, Minggu (31/12/2023).

Yusuf menjelaskan, peningkatan kendaraan sendiri saat ini lumayan padat, dan diperkirakan akan terus naik.

“Saat ini peningkatan kendaraan sudah 60 persen dibanding dengan hari Jumat kemarin dan diperkirakan terus meningkat,” katanya.

Yusuf mengatakan, untuk mengurai arus lalu lintas yang cukup padat, pihaknya pun melakukan Cara Bertindak (CB) dengan menggunakan one way.

“CB yang kita lakukan untuk mengurai kepadatan ini dengan melakukan one way selama 10 menit hingga 15 menit dan melihat kondisi tertentu,” tuturnya.

Yusuf menambahkan, sejak hari Jumat pihaknya sudah melakukan 5 kali CB one way sedangkan untuk hari ini 3 kali.

“Kemarin sempat 5 kali one way dari arah bawah (Soreang) ke atas (Ciwidey). Sekarang sudah 3 kali one way,” ungkapnya.

Adapun untuk pemberlakuan one way sendiri kata Yusup, pihaknya akan melihat terlebih dahulu kondisi lalu lintas.

“Jadi kita akan melihat terlebih dahulu kondisi lalu lintas baik itu arah Soreang atau Ciwidey, jika dari atas terlihat kepadatan kita lakukan one way dan setelah agak terkuras kemudian diberlakukan normal kembali,” terangnya.

Selain itu, Yusup mengebut meski kondisi saat ini mengalami kepadatan, namun hal tersebut terbilang cukup kondusif.

Dirinya pun memprediksi jika peningkatan kendaraan akan meningkat hari ini.

“Jadi puncak peningkatan kendaraan menuju area wisata, di prediksi hari ini. Meski besok dan lusa diprediksi masih banyak masyarakat yang datang,” jelasnya.

“Selain itu juga diprediksi akan terjadi hingga Selasa 2 Januari 2024. Sebab hari Selasa itu kan masih libur, cuti nasional,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan