Hujan Deras Hantam Rumah Warga di Citeureup Cimahi hingga Roboh

JABAR EKSPRES – Hujan deras dengan intensitas tinggi pada Kamis, 28 Desember 2023, menyebabkan robohnya beberapa rumah di Kelurahan Citeureup, Kota Cimahi.

Dinas Sosial (Dinsos), BPBD, dan dukungan masyarakat memberikan bantuan kepada warga terdampak setelah sejumlah mengalami roboh dan kerusakan lainnya

“Berkaitan dengan rumah roboh yang di alami warga kami ibu Wiwi Witarsih. Ini adalah upaya cepat tanggap melakukan pembenahan dan perbaikan membantu masyarakat yang tertimpa musibah,” ungkap Rusli Sudarmadi, Lurah Citeureup saat ditemui awak media, Sabtu 30 Desember 2023.

Dalam upaya cepat tanggap melakukan pembenahan pada masyarakat, Rusli menuturkan upaya pemerintah ini respon tanggap cepat bagi korban yang mengalami rumah roboh.

BACA JUGA: Dampak Gempa di Kabupaten Pangandaran, 1 Rumah Ambruk di Nyalindung Sukabumi

“Kami udah koordinasi bersama PUPR mudah-mudahan ada rehabilitasi rumah Januari 2024. Sekaligus bantuan ini bisa membantu untuk menambah biaya saat rehab rumah,” ungkapnya.

Cuaca ekstrem beberapa waktu ini di Kota Cimahi membuat sebagian wilayahnya terdampak bencana, seperti banjir dan longsor.

Rusli menjelaskan hujan deras berdampak pada sebagian wilayah yang berpotensi rumah roboh khususnya di kawasan Citeureup yang tanahnya terbilang landai.

“Ada pohon yang tumbang, ada wilayah yang berpotensi rumah roboh, yang lain Alhamdulillah kami dari kelurahan Citeureup sudah mendata pada setiap ketua RW untuk mendata rumah yang berpotensi roboh,” bebernya.

Pendataan warga yang berpotensi mengalami longsor, pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat masyarakat setempat untuk mempermudah percepatan penanganan darurat bencana, serta usulan tersebut sudah dipenuhi oleh DPKP.

“Daftar nama sudah ada di pemerintah, dan ini bentuk antisipasi kelurahan Citeureup bagaimana caranya warga yang rumahnya berpotensi roboh bisa diperbaiki di tahun yang akan datang,”

Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, Rusli menghimbau untuk menekankan pentingnya kerjasama dalam mengatasi dampak banjir serta menjaga kesehatan masyarakat.

BACA JUGA: Dua Tumpukan Sampah Sempat Hiasi Jalan Raya Bandung-Garut Berhari-Hari, Pemerintah Ambil Tindakan

“Mudah-mudahan ini bisa disampaikan pada masyarakat melalui RT dan RW, Alhamdulillah semua melaksanakan kegiatan kebersihan diwilayahnya masing-masing,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan