Hujan Lebat Saat Natal, Pohon-Pohon Tumbang di Sejumlah Wilayah Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Hujan lebat dan angin kencang yang melanda wilayah Kota Bandung, pada Senin, 25 Desember 2023, kemarin, tidak hanya menyebabkan genangan banjir. Melainkan juga mengakibatkan tumbangnya pohon-pohon.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon (P3), peristiwa pohon tumbang tersebut menimpa sekitar lokasi berbeda.

Kepala UPT P3, DPKP Kota Bandung, Roslina menyampaikan dalam keterangan tertulis, secara garis besar tidak memakan korban. Adapun penyebab masih ditenggarai akibat hujan lebat dan angin kencang. Tercatat ada sekira sembilan pohon yang tumbang.

BACA JUGA: Berebut Lahan Bisnis Masjid Al Jabbar yang Menggiurkan

Pohon tumbang pertama yang terjadi ada di Taman Maluku. Pohon berjenis Ganitri, diameter 60cm. Tidak memberi dampak kerusakan terhadap lingkungan sekitar.

“(Kedua), pohon tumbang di depan RS Advent jenis pohon Kupu-kupu, diameter 30cm tinggi 8 meter,” jelas Roslina saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, Selasa (26/12).

Peristiwa tersebut menimpa pagar, kabel listrik dan telepon. Sementara di lokasi ketiga, pohon tumbang di Jl. Lengkong besar. Berjenis pohon karet 2 pohon, Diameter 50 cm tinggi 8 meter. Pohon tumbang dan menghalang jalan raya.

Hal itu seperti yang terjadi saat pohon tumbang di Jl. Moch Ramdan, berjenis pohon Bunut. Diameter 40 cm tinggi 12 meter, pohon tersebut melintang roboh ke jalan.

BACA JUGA: Pohon Tumbang di Jalan Kamarung Cimahi, Ini Penyebabnya

Lalu masih di lokasi yang sama, pohon besar jenis pohon asem karanji ikut tumbang. Posisi pohon berada di bahu jalan. Selanjutnya, terdapat pohon tumbang di Jl. Halimun.

Sementara di Jl. Ciateul, pohon tumbang yang berjenis Mahoni dengan diameter 50 cm. Diketahui tumbangnya pohon tersebut menimpa kabel listrik. Adapun peristiwa pohon tumbang di Jl. Nur Said, Kecamatan Regol, belum ditangani.

Dua peristiwa terakhir berada di Jl. Sawah Kurung dengan jenis pohon mahoni, serta sekitar Jl. Pasirkoja dengan kondisi patah dahan jenis pohon mahoni. “Fokus penanganan pada evakuasi pohon-pohon yang menghalangi arus lalu lintas,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan