Cak Imin Sebut Kepanjangan SGIE: ‘Sego Goreng Iwa Endog’

JABAR EKSPRES – Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin memaparkan kepanjangan dari SGIE. Menurutnya, kepanjangan dari SGIE adalah sego goreng iwa endog. Padahal, kepanjangan dari SGIE yang sebenarnya adalah State of the Global Islamic Economy.

“Soal singkatan saja. Ternyata saya cari di Google itu tadi sego goreng iwa endog,” ujar Cak Imin kepada awak media pada Senin, 26 Desember 2023 kemarin.

Dirinya mengaku bahwa pertanyaan tersebut sama sekali tidak menyinggung.

Baca juga: GMNI: CCS Rawan Jadi Ladang Korupsi Baru dan Perburuan Rente

Menurutnya, pernyataan singkatan tersebut merupakan hal yang lumrah untuk ditanyakan.

Cak Imin menyarankan, sebaiknya pertanyaan yang diajukan seharusnya mengutamakan substansinya.

“Ya substansi boleh, nyatanya saya jawab bagus kan soal bank syariah, soal ekonomi berbasis halal, kan itu saya jawab bagus jawaban saya”, sambungnya.

Diketahui, dalam debat calon wakil presiden (cawapres) yang berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023, Cak Imin mendapatkan pertanyaan mengenai SGIE dari cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

“Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikin peringkat Indonesia di SGIE?,” tanya Gibran.

Kemudian, Cak Imin menayakan kembali kepanjangan dari SGIE. “Terus terang SGIE saya kurang paham, SGIE itu apa?,” jawab Cak Imin.

Tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka juga menyatakan permohonan maafnya apabila pertanyaan yang diajukannya itu menyulitkan.“Mohon maaf kalau pertanyaanya agak sulit ya Gus (Muhaimin), makasih,” pungkasnya.

Debat cawapres tersebut dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Dengan dipandu oleh dua moderator ternama, yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

Baca juga: Dapat Dukungan Ponpes Cipasung, TPN Optimis Ganjar-Mahfud Menangkan Pilpres di Jabar

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan