PT PBB Ungkap Penelitian Hari Jadi Didasari Keraguan Lahirnya Persib di Tahun 1933

JABAR EKSPRES – CEO PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB), Glenn Sugita mengungkapkan, penelitian hari jadi Persib didasari oleh adanya keraguan dalam satu dekade terakhir terkait lahirnya Persib yang jatuh pada 14 Maret 1933.

Menurutnya, Persib Bandung merupakan salah satu dari tujuh tim yang ikut mendirikan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di tahun 1930. Namun anehnya, dari ketujuh klub tersebut, hanya Persib yang lahir setelah berdirinya PSSI.

“Saya mau cerita sedikit, ada 7 klub yang menginisiasi kelahiran dari pada PSSI dan salah satunya adalah Persib. Namun Hanya satu klub yaitu Persib, yang hari jadinya itu setelah 1930,” kata Glenn saat Media Gathering Peresmian Hari Jadi Persib

BACA JUGA: PSSI Jawa Barat dan 36 PS Kota Bandung Ancam Tuntut PT. PBB Terkait Perubahan Hari Jadi Persib

Dasar tersebut yang kemudian menimbulkan pertanyaan. Sebab, menurutnya, bagaimana mungkin tim yang baru berdiri sejak 1933 bisa ikut andil dalam berdirinya PSSI yang diresmikan pada tahun 1930.

“Itukan jadi suatu pertanyaan yang cukup besar, bagaimana mungkin satu klub yang belum lahir mampu membidangi kelahiran PSSI,” ujarnya

Di sisi lain, terdapat peraturan yang menyebutkan bahwa ketujuh tim yang ikut mendirikan PSSI tak boleh berganti nama maupun berpindah kandang dari homebase sebelumnya. Hal ini semakin mempertegas bahwasanya Persib lahir sebelum 14 Maret 1933.

“Kedua peraturan dari PSSI bahwa 7 klub ini tidak boleh ganti nama dan homebase nya pun harus tetap sama. Jadi mungkin ini suatu yang sakral bahwa ada 7 klub yang membidangi kelahiran PSSI jauh sebelum kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya

“Jadi kami bertanya-tanya, harusnya itu persib lahir sebelum tahun 1930,” lanjutnya.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, pihaknya mencari perihal siapa yang bisa menemukan pastinya hari lahir Persib Bandung. Bak dayung yang bersambut, lewat penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, ditemukan bahwa hari jadi Persib jatuh pada 5 Januari 1919.

“Jadi memang kita sudah bertanya tanya kalau boleh dibilang dalam beberapa tahun terakhir, mengenai adanya keraguan dari tanggal lahir Persib itu sendiri,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan