Geliat Libur Natal dan Tahun Baru di Kebun Binatang Bandung

Masih kata Aan, kalau hari biasa jumlah pengunjung hanya di angka 350-750 pengunjung. Itu hari biasa seperti Senin sampai Jumat. Kalau weekend di kisaran 1.500 sampai 2.000 pengunjung.

Cuan bagi Penyedia Jasa Sewa Tikar sampai Tukang Foto Wisata

Ramainya pengunjung di Kebun Binatang Bandung tentunya berdampak positif pada sejumlah penyedia jasa di kawasan kebun binatang yang ada di samping Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu. Mereka mulai dari penyedia jasa sewa tikar, penjual aksesoris, hingga tukang foto wisata.

Pegawai penyedia jasa sewa tikar, Surya, menceritakan, kondisi penyewaan tikar di momen libur natal seperti ini memang naik meski tidak begitu signifikan.

“Naik sedikit, paling sehari ada 70 tikar disewa,” katanya.

Surya menambahkan, penyewaan tikar itu akan naik drastis ketika Libur Lebaran. Bahkan dari sekitar 200 tikar yang disediakan bisa habis ketika momen tersebut.

Tikar-tikar itu biasanya digunakan untuk duduk bersama di area camping di samping masjid. Tarif sewa tikar itu ada dua jenis. Yakni Rp30 ribu untuk yang ukuran besar dan Rp20 ribu untuk ukuran kecil.

“Tarif berlaku setiap 3 jam,” sambungnya.

Kondisi serupa juga dialami para penyedia jasa tukang foto wisata di area depan Kebun Binatang tersebut. Momen liburan menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk menjual jasa. Itu untuk memfasilitasi para pengunjung yang lupa membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen liburan di kawasan tersebut.

Sedikitnya ada sekitar 3 orang yang menyediakan jasa foto itu. Foto – foto itu biasanya juga langsung dicetak. Dengan tarif mulai dari Rp 10 ribu, meski kadang tetap ada negosiasi dengan pengunjung.

“Memang tidak seramai dulu, sekarang kan sudah banyak yang bawa handphone yang bisa untuk foto,” kata Tatang Sudarsana, salah satu penyedia jasa foto di lokasi.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Libur Nataru KCIC Whoosh Tambah Jadwal Perjalanan

Menurut Tatang, momen liburan seperti ini bisa menjadi berkah meskipun penghasilan tidak begitu besar.

“Cukuplah untuk makan,” sambungnya.

Koleksi Baru Harimau Benggala dan Siberia

Di momen Libur Natal dan Tahun Baru ini, Kebun Binatang Bandung kedatangan keluarga baru. Yakni dua harimau berukuran besar. Keduanya adalah, Harimau Siberia jantan yang dinamai Kuna dan Harimau Benggala betina yang dinamai Jelita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan