Pedagang Pasar Atas Cimahi Raih Juara 3 Perempuan Pedagang Inspiratif 2023

JABAR EKSPRESS, CIMAHI – Hanna Subiyarti (59) seorang pedagang di Pasar Atas Kota Cimahi, berhasil meraih juara tiga Penghargaan Perempuan Pedagang Inspiratif Pasar Rakyat tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

Hanna merupakan pelopor “Pasar Online Barokah” di Pasar Atas Kota Cimahi dengan memanfaatkan teknologi. Dengan inovasi tersebut, pedagang kini dapat menjangkau konsumen melalui platform digital, dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnisnya.

24 tahun menjadi pedagang di Pasar Atas Cimahi, memelopori pasar online sejak pandemi Covid-19. Hanna bercerita, saat pandemi semua sektor perdagangan sempat tidak aktif, maka muncul ide untuk membuat suatu inovasi agar pedagang lebih mudah menjual pada konsumen.

“Saya membuat pasar online ini ketika pandemi Covid-19, para pedagang di pasar atas mulai gelisah karena tidak ada pengunjung, omset menurun drastis,” kata Hanna pada Jabar Ekspres, Minggu 24 Desember 2023.

Sejak Maret 2020, dengan izin dari UPT Pasar ia membuat pasar online yang dibantu oleh beberapa pihak seperti tenaga harian lepas (THL), yang pada akhirnya di resmikan oleh Duta Pasar Rakyat Jabar pada tahun yang sama.

“Sampai sekarang kita melayani masyarakat dan membantu pedagang terutama yang sudah sepuh kita jual dagangannya,” jelasnya.

Dengan berjualan komoditas sembako, Hanna termasuk perempuan pedagang yang memenuhi kriteria perempuan pedagang inspiratif yang telah memenuhi persyaratan administratif dari panitia penyelenggara.

“Jadi awal itu dari administrasi semua lengkap, syarat utamanya adalah pasarnya ber Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk persyaratan pasar pesertanya,” jelas Hanna sembari melayani pedagang.

Dia menceritakan proses seleksi dari Kabid Perdagangan Jawa Barat yang berkunjung ke setiap pasar, salah satunya Pasar Atas dan Hanna menjadi salah satu kandidat yang terpilih.

Dari 38 provinsi dan 177 pasar di seluruh Indonesia, Hanna lolos setelah melewati beberapa tahap seleksi seperti diantaranya proses wawancara dan persentase di hadapan para juri.

“Disini (pasar atas) ada beberapa peserta kemudian di saring mana yang lolos baru membuat power point untuk persentase di Kementerian Perdagangan Nasional,” ucap Hanna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan