Jelang Perayaan Natal, Polresta Bandung Pantau dan Sterilisasi Keamanan Gereja

JABAR EKSPRES – Polresta Bandung bersama Dandim 0624 Kabupaten Bandung serta Danlanud Sulaiman memantau pelaksanaan Natal di Gereja ST. Martinus, Lanud Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Minggu (24/12/2023).

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan saat ini di Kabupaten Bandung pihaknya terus memantau beberapa gereja untuk memastikan malam natal aman dan kondusif.

“Hari ini kita melakukan pengamanan 50 tempat ibadah. Terdiri dari 13 gereja, dan 37 rumah ibadah,” ujar Kusworo saat ditemui di lokasi, Minggu (24/12/2023).

Kusworo mengatakan, selain memantau, pihaknya juga melakukan sterilisasi ke beberapa gereja serta tempat ibadah bersama Jibom Gegana Brimob.

“Dari mulai siang kita melaksanakan kegiatan sterilisasi jibom di gereja-gereja tempat ibadah. Di mana dua jam sebelum pelaksanaan ibadah kami lakukan sterilisasi,” katanya.

Kusworo menyebut, sterilisasi ini meliputi hampir di setiap ruangan dengan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah natal.

“Seluruh ruangan, sampai dengan siku-siku kecil insyaallah tadi sudah dari Jibom Gegana Brimob yang melaksanakan kegiatan bersama dengan perangkatnya. Setelah selesai ada berita acara penyerahan ruangan dan dipastikan aman,” ungkapnya

Selain itu, dalam pengamanan natal ini, pihaknya bersama beberapa stakeholder menurunkan 20 personil baik dari TNI Polri, dan Satpol PP.

“Setiap tempat ibadah kami siapkan sekitar 18 sampai 20 personel pengamanan. Terdiri dari tiga personel polri, dua TNI, sisanya 8 sampai 10 dari Satpol PP,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi bilamana ada kejadian, kata dia pihaknya juga sudah memastikan setiap anggota dibekali HT agar terus berkomunikasi dengan pasukan terdekat.

“Adapun demikian selalu ada Padal, dan memiliki HT, untuk bisa berkomunikasi dengan pasukan-pasukan, satuan terdekat, atau pos pam terdekat,” ungkapnya.

Sementara itu, Pastor Santo Martinus Lanud Sulaiman, Paulus Tri Ardhianto mengatakan jika umat yang akan beribadah di gereja Santo Martinus ini berjumlah 11 Ribu orang dan terbagi dalam beberapa ibadah.

“Umat yang ada di gereja santo martinus ini berjumlah 11 ribu. Akan dibagi dalam beberapa ibadah. Hari ini akan dibagi menjadi dua ibadah, pertama pukul 17.00 WIB, dan yang kedua pukul 20.00 WIB,” ujar Pastor Santo saat ditemui di lokasi.

Writer: Agi

Tinggalkan Balasan