Jelang Nataru Harga Buah Meroket, Minat Beli Berkurang

JABAR EKSPRESS, CIMAHI – Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kenaikan harga selain bahan pokok terjadi pada komoditi buah-buahan.

Pasokan dari distributor sempat berkurang akibat musim panen yang belum menentu sementara minat pembeli meningkat.

Saat ditelusuri oleh Jabar Ekspres ke Pasar Atas Cimahi, beberapa pedagang mengaku harga buah menjelang natal dan tahun baru mengalami kenaikan yang disebabkan banyaknya minat beli konsumen khususnya untuk persiapan Natal.

Kiki Khoerunisa (30), salah seorang pedagang buah mengaku sebelum bulan Desember 2023 harga buah terutama pada jeruk, apel dan buah naga sudah mengalami kenaikan.

“Jeruk Medan biasanya 20 ribu per kilo untuk ukuran kecil sekarang jadi 25 ribu. Kalau ukuran yang besar biasanya 25 ribu sekarang jadi 30 ribu per kilo,” jelasnya pada Jabar Ekspres, Minggu 24 Desember 2023 di Zona 3 Pasar Atas Kota Cimahi.

Kiki menerangkan, kenaikan harga buah sekarang mencapai Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Terutama pada buah apel dan buah naga yang secara signifikan naik sangat tinggi.

“Kalau apel dari harga Rp30 ribu per kilo sekarang jadi 40 ribu per kilo, naik banget kalau apel. Buah naga juga sama biasanya Rp15 ribu sekarang 25 ribu per kilo,” kata Kiki.

“Mungkin untuk liburan juga biasanya konsumen banyak beli jeruk, semangka, mangga tapi yang naik dominannya jeruk,” tambahnya.

Sudah lebih dari satu bulan kenaikan harga pada buah jeruk, namun Kiki mengatakan kemungkinan harga jeruk akan naik kembali pada bulan Januari karena selama bulan Desember tidak mengalami panen raya.

“Setiap tahun begitu tradisinya, karena musiman jadi di Desember itu tidak panen raya hanya sedikit yang panen, tapi Februari biasanya akan turun lagi,” terangnya.

Saat ini harga buah yang cukup tinggi adalah jeruk Medan. Kiki menuturkan hal tersebut karena stok buah dari distributor saat ini sedang minum karena belum musim panen.

“Karena stok sedikit jadi mahal, biasanya banyaknya sesudah Februari sampai awal Maret. Buah jeruk Medan sekarang Rp25 ribu udah paling murah,” tandasnya.

Berbeda halnya dengan Yusuf (53), ia mengatakan harga buah yang kini sedang naik adalah apel karena buah yang dijualnya merupakan barang impor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan