Bawaslu Kota Bandung Matangkan Persiapan Pembentukan Pengawas TPS

BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Bandung menggelar rapat dalam kantor (RKD), persiapan rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), menyambut kontestasi Pemilu 2024, Minggu 24 Desember 2023.

Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kota Bandung M Adriansyah Prayuda menuturkan, ini merupakan bagian dari persiapan pihaknya agar dapat mengikuti skema yang telah dirancang. Termasuk dalam pemenuhan persyaratan yang telah ditetapkan.

Sehingga diharapkan melalui persiapan yang matang, Bawaslu Bandung dapat menjalani tahapan Pemilu 2024 secara maksimal, dalam mengawasi proses pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Jangan sampai nanti calon-calon PTPS itu berat dalam proses pengurusan surat bebas narkoba. Jadi cukup dengan surat keterangan saja, sesuai instruksi dari Bawaslu RI. Surat jasmani, rohani dan bebas narkoba,” ujarnya usai RKD di Kantor Bawaslu Kota Bandung.

Sementara Pengamat Pemilu Abdullah Dahlan berharap, kejadian memilukan pada Pemilu 2019 silam dimana sekitar 800 petugas meninggal akibat kelelahan tidak lagi terulang di 2024 nanti.

Maka dari itu, proses rekrutmen PTPS dinilainya sangat penting dalam melakukan seleksi secara ketat terhadap kesiapan fisik petugas yang nantinya bakal dipilih.

“Harus orang yang punya integritas dan netral. Refleksi pada 2019, beban kerja yang berat. Ini menjadi PR bagi KPU. Kami dengar informasinya sudah ada perunahan sistem rekap hasil suara, supaya tidak.over waktu. Mudah-mudahan efektif dan akurat serta dapat mengurangi beban kerja,” harapnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan