Tanamkan Sikap Disiplin, Loyal dan Santun, Mahasiswa Baru Unjani Jalani LDKK di Pusdik Armed

JABAR EKSPRES – Untuk memberikan pemahaman terkait nilai-nilai disiplin, loyalitas dan bersikap santun, Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) memberikan Latihan Dasar Kedisdiplinan dan Kepemimpinan (LDKK) pada para mahasiswa barunya.

LDKK yang digelar selama empat hari tersebut dilaksanakan di Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdikarmed) TNI AD, Jalan Baros Kota Cimahi.

Rektor Unjani Hikmahanto Juwana menyebutkan, ada tiga poin penting yang menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan LDKK yakni disiplin, Loyal dan Santun.

”LDKK ini akan menjadi pembeda dari Unjani dengan universitas-universitas lain di Indonesia,” katanya, usai menutup kegiatan LDKK, Sabtu (23/12).

Menurutnya, setelah menjalani LDKK, para mahasiswa baru tersebut akan mendapatkan PIN sebagai tanda jika mahasiswa baru Unjani sudah megikuti pendidikan di Pusdik Armed TNI AD.

”Saya berharap PIN itu akan menjadi suatu kebanggan bagi para mahasiswa, karena mereka pernah menjalani latihan dasar kedisiplinan dan kepemimpinan,” ujarnya.

Dia pun berharap dengan LDKK mahasiswa memmpunyai rasa bangga terhadap almamater Unjani sebagai universitas milik TNI Angkatan Darat yang membedakan Unjani dengan berbagai universitas yang ada di Indonesia.

”Saya juga berharap, setelah mengikuti LDKK ini, para mahasiswa dapat memberikan kebanggan dengan mengukir prestasi, baik demi universitas Jenderal Achmad Yani maupun prestasi dari kegiatan-kegiatan di luar Unjani, baik di tingkat nasional atau pun tingkat internasional,” harapnya.

Dia menekankan, sebaiknya para mahasiswa yang telah menjalani LDKK bisa merubah dirinya. Terlebih LDKK tersebut merupakan pendidikan terkait kedisiplinan, loyal dan bersikap santun.

”Saya ingi para mahasiswa menjadi disiplin terhadap waktu, loyal terhadap pimpinan dan selalu bersikap santun, sebagai mana karakteristik dari para prajurit TNI,” terangnya.

Dia pun berharap ketika nanti para mahasiswa lulus dan mencari pekerjaan maka karakteristik itu akan dibawa. Sebab, saat ini karakteristik tersebut yang banyak dicari.

”Karakter ini bisa jadi modal bagi kehidupan para mahasiswa kedepan. Terlebih saat mencari kerja,” ucapnya.

LDKK kolaborasi antara Unjani dengan Danpussenarmed serta Pusdikarmed yang diikuti 3.500 siswa Unjani dan 10 mahasiswa Universitas Respati Indonesia (URINDO) itu merupakan kerja sama ketiga kalinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan