Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Bandung, Bawaslu Sebut Pentingnya Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu

BANDUNG – Dalam momentum Hari Ibu, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bertajuk “Peran Serta Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu” yang berlangsung di GH Universal, Bandung, Jumat (22/12) kemarin.

Kordiv. Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan, saat ini kaum perempuan masih sering terbatas dalam mendapatkan informasi, termasuk kepemiluan. Padahal, pemilih perempuan itu sangat signifikan, hanya berbeda tipis jumlahnya dengan pemilih laki-laki.

“Sehingga momentum Hari Ibu didekatkan dengan isu pengawasan, harapannya Bawaslu itu semakin memudahkan perempuan-perempuan Indonesia, para ibu untuk bisa terhubung dengan kepemiluan. Sehingga hal-hal semacam ini menjadi penting, karena kita sama-sama tahu potret pemilih perempuan kita seperti apa,” katanya

Meski memiliki angka yang cukup signifikan dalam segi pemilih, Lolly mengatakan, kandidat yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif perempuan dinlai masih jauh.

BACA JUGA: Agar Tak Terlibat dalam Politik, Bawaslu KBB akan Pantau Intensif Pendamping PKH

“Kita sama-sama tahu bahwa keterwakilan perempuan dalam pencalonan 30% saja beberapa partai menyatakan sulit sekali. Sehingga dalam konteks ini, kehadiran perempuan dalam kompetisinya masih jadi PR,” ucapnya.

Kemudian dalam konteks penyelenggaraan pemilu, Lolly mengakui, jika keterwakilan belum masih belum mencapai 30 persen, khususnya di tingkatan RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Kalau di rata-rata kan di Kabupaten/Kota itu angkanya cuma 26%. Sehingga dalam konteks ini kita masih harus berjuang, untuk bisa memenuhi minimal keterwakilan 30 persen perempuan. Ini di tataran penyelenggara pemilu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Lolly mendorong, peran perempuan baik sebagai pemilih, penyelenggara, ataupun calon legislatif harus mempunyai semangat yang sama dalam Pemilu 2024.

“Hari ini kita mengundang teman-teman dari lintas organisasi dari BKOW, Aisyiyah, Fatayat, organisasi disabilitas, dan lain-lain agar mereka dapat berperan sebagai pengawas partisipatif. Sehingga hal ini tentu semakin banyak masyarakat yang menjadi pengawas partisipatif, orang mau melakukan pelanggaran pun pasti mikir,” paparnya.

BACA JUGA: Lakukan Verifikasi Logistik Pemilu, Bawaslu Kota Cimahi Beberkan Hal Ini

Sementara itu, Kordiv. Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar, Nuryamah mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan 9.911 kegiatan pencegahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan