59 Kasus Covid-19 di Kota Bandung, 14 Pasien Jalani Perawatan di RS

Jabar Ekspres – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, pada per Selasa, 19 Desember 2023, diketahui bahwa ada sekira 59 temuan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi positif. Sejumlah penderita menjalani dirujuk ke rumah sakit (RS)

Kepala Dinkes Kota Bandung, Anhar Hadian menuturkan, adapun sebanyak 14 pasien menjalani perawatan di sejumlah RS. Sementara ini, kapasitas yang dianjurkan bagi RS, yakni 10 persen untuk ketersediaan bagi penderita Covid-19.

BACA JUGA: Covid-19 Kembali Menyebar, Orang Bergejala Flu Dianjurkan Pakai Masker

Dia mengatakan, keempat belas pasien tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda. Salah satunya, seorang pasien dikonfirmasi memiliki gejala Covid-19 yang dianggap berat. Hal ini mengharuskan pasien menjalani perawatan.

“Satu berat, 12 kondisi sedang, satu ringan. Kondisi berat itu poin pentingnya ada (penyakit) sesak nafas,” kata Anhar kepada wartawan di Balaikota Bandung, belum lama ini.

“Ada yang gejala ringan masuk rumah sakit. Rumah sakit tidak bisa menolak, tapi penangananya jauh lebih sederhana dibanding gejala berat,” tambahnya.

Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan dan tracing, Anhar mengungkapkan bahwa keempat penderita itu sebagian besar tidak melakukan perjalanan ke luar kota maupun negeri.

BACA JUGA: Covid-19 Melonjak, Dinkes Imbau Seluruh Kabupaten/Kota di Jabar Siaga

“Sekarang tracing lebih sensitif. Tantangan kami di situ. Kami melakukan pendekatan penjelasan, bahwa mengetahui kontak erat itu lebih penting kalau kaitanya dengan pencegahan,” ungkapnya.

“(Jadi) 59 yang (terkonfirmasi) Covid-19, 14 yang bergejala. Sisanya tidak bergejala, Ketahuannya karena mereka ada yang periksa laboratorium,” pungkasnya.(Zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan