Doa Khusus Untuk Ibu Saat Merayakan Hari Ibu 2023

JABAR EKSPRES – Mendoakan orang tua khususnya ibu, tidak harus dilakukan saat memperingati hari ibu, namun harus dilakukan setiap hari. Hal ini sebagai bentuk bhakti dan penghormatan untuk orang tua. Namun saat peringatan hari ibu, ada baiknya kita memberikan doa khusus untuk ibu.

Doa khusus untuk ibu ini tidak seperti doa yang biasa kita panjatkan sehari-hari, namun lebih spesifik dalam hal membuat permohonan kepada Allah.

Terutama dalam memohon atau meminta segala kebaikan untuk ibu yang sudah memberikan seluruh pergorbanand an pengabdiannya kepada anak-anaknya.

Dalam Islam sangat ditekankan pentingnya berbakti kepada orang tua, khususnya ibu.

Baca juga : Peringatan Hari Ibu ke-95 Jabar Berlangsung Khidmat dan Meriah

Beberapa doa yang dapat dibaca untuk ibu saat peringatan hari ibu, diantaranya

Doa Umum untuk Kesejahteraan Orang Tua:

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Ya Tuhanku, berilah rahmat kepada keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil.” (Q.S. Al-Isra: 24)

Doa Khusus untuk Ibu:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

“Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan semua orang yang beriman pada hari hisab.” (Q.S. Ibrahim: 41)

Menghormati dan menyayangi orang tua khususnya ibu, terdapat dalam dalam Al-Quran, Allah berfirman:

وَوَصَّيْنَا الإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan telah melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya dan melahirkanannya adalah tiga puluh bulan. Sehingga, apabila dia dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun, dia berdoa, ‘Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tua ku, dan supaya aku dapat berbuat amal saleh yang Engkau ridai. Jadikanlah keturunanku yang saleh. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.’”
(Q.S. Al-Ahqaf: 15)

Baca juga : 7 Ide Hadiah Istimewa Untuk Ibunda Tercinta di Peringatan Hari Ibu 2023

Selain itu juga terdapat dalam Hadis Rasulullah SAW, Rasulullah SAW bersabda:

“Surga ada di bawah telapak kaki ibu.” (HR. Ahmad)

Hal ini seperti sebuah pengingat, bahwa begitu mulianya sosok ibu, seakan-akan surga berada ditelapak kakinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan