Link Pendaftaran BLT El Nino 2023 Rp 400 Ribu di WA Hoaks, Jangan Diklik!

KURASI MEDIA – Kementerian Sosial mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap pesan yang mengandung link pendaftaran BLT El Nino 2023, karena informasi tersebut terbukti sebagai hoaks.

Saat ini, masyarakat dihebohkan oleh pesan yang memuat link pendaftaran BLT El Nino 2023.

Seperti yang diketahui, fenomena El Nino saat ini menyebabkan kemarau berkepanjangan dan juga telah menjadi penyebab kenaikan harga pangan di pasar. Sehingga memberikan dampak pada kelompok masyarakat yang kurang mampu dan rentan.

Dalam rangka mengatasi dampak tersebut, Pemerintah, melalui Kementerian Sosial, menyediakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino untuk meningkatkan daya beli dan membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada bulan Desember ini, pemerintah telah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena El Nino. Bantuan ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp400.000.

Cek Fakta: Link Pendaftaran BLT EL NINO di WA Hoaks

“Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat situs ataupun tautan terkait pendaftaran maupun pencairan bantuan sosial,” demikian disampaikan dalam keterangan yang dikutip dari akun Instagram @kemensosri pada Rabu (20/12/2023).

Agar terhindar dari penyalahgunaan informasi dan upaya penipuan yang mengatasnamakan Kementerian Sosial, masyarakat diminta untuk tidak mengirimkan data pribadi melalui situs tersebut.

Sebagaimana dilaporkan oleh Indonesia.go.id, penyaluran BLT El Nino 2023 dilakukan dengan mentransfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui daftar penerima BLT El Nino secara online, disarankan untuk memeriksanya melalui cekbansos.kemensos.go.id atau menggunakan aplikasi cek bansos.

BACA JUGA: Cair Nih! BLT El Nino Rp400 Ribu Sudah Dibagikan, Cek Sekarang

Isi Pesan Hoaks yang Beredar

Pesan hoaks yang beredar di WhatsApp mengenai pendaftaran BLT El Nino memuat informasi palsu yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Pesan tersebut menyampaikan klaim tidak benar, seperti, “Kabar gembira pemerintah akan memberikan bantuan tambahan BLT El Nino sebesar Rp400.000. Segera daftarkan diri Anda sebelum ditutup.”

Selain itu, pesan hoaks ini juga mencakup sebuah link yang diklaim sebagai link pendaftaran untuk mendapatkan bantuan sosial BLT El Nino.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan