Tips Aman Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor

JABAR EKSPRES – Momen liburan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sama seperti libur lebaran, masyarakat banyak yang melakukan mudik ataupun liburan ke luar kota atau menuju kampung halamannya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh menggunakan sepeda motor wajib untuk mempersiapkan segala sesuatu hal saat kita berkendara. Mulai dari persiapan kendaraan, perlengkapan berkendara, persiapan diri, dan rencana perjalanan.”

Baca juga: Honda Giorno 125 Akan Masuk Indonesia? Ini Spesifikasinya

Saat akan melakukan perjalanan, hal pertama yang dilakukan adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, mulai dari mesin, ban, rem, lampu, dan spion. Jika perlu, lakukan servis kendaraan terlebih dahulu di bengkel resmi Honda atau AHASS agar sepeda motor yang digunakan tetap aman dan nyaman saat dikendarai.

Langkah selanjutnya, persiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Pengendara dapat menggunakan smartphone untuk menentukan jalur mudik yang paling mudah dilalui dan memakan waktu paling sedikit. Dengan demikian, perjalanan mudik jauh akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan mengetahui rute perjalanan, pengendara dapat menentukan titik-titik peristirahatan selama perjalanan. Melakukan istirahat sangat penting di sela-sela saat berkendara, karena dapat membantu pengendara untuk tetap fokus. Sebaiknya, setiap dua jam perjalanan melakukan istirahat guna mencegah kelelahan, yang merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan. Pastikan tubuh pengendara terhidrasi dengan baik dengan cukup minum dan mengkonsumsi makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit.

Ketika melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat dengan sepeda motor, tentu pengendara harus membawa barang-barang yang diperlukan. Penting untuk memastikan bahwa beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang seharusnya untuk motor tersebut. Jika menggunakan tas punggung, pastikan ukurannya sesuai dengan bahu pengendara agar terlihat oleh pengendara lain. Alternatif lainnya adalah menggunakan tas di tangki motor untuk motor sport atau menggunakan box tambahan di bagian belakang motor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan