Jelang Nataru, Satgas Pangan Bareskrim Polri Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Cimahi

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Tim Satuan Tugas Pangan dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia dan Kepolisian Daerah Jawa Barat bekerja sama dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Kota Cimahi melakukan pengecekan terhadap sejumlah harga barang kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di berbagai pasar, termasuk Pasar Kosambi, Pasar Sederhana, dan Pasar Atas Kota Cimahi pada, Selasa 19 Desember 2023.

Satgas Pangan Bareskrim Polri Kombes Pol Eko Sulistyo Basuki mengatakan, setelah melakukan inspeksi pada beberapa kios di Pasar Atas Baru Cimahi, dapat dipastikan bahwa ketersediaan komoditas kebutuhan pokok relatif tercukupi.

Baca juga: Diduga Sarang Prostitusi, Warga Robohkan Bedeng di Sukabumi

“Ketersediaannya cukup dan harga-harga juga tidak mengalami kenaikan. Bahkan, luar biasanya harga cabai pun turun,” katanya saat ditemui awak media usai pengecekan harga di Pasar Atas Baru Cimahi pada Selasa, 19 Desember 2023.

Eko mengatakan, sejumlah komoditas seperti cabai mengalami kenaikan harga. Namun, untuk Kota Cimahi sendiri, saat ini mengalami penurunan.

“Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan. Terlebih, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023/2024, sehingga kebutuhan masyarakat yang merayakannya bisa terpenuhi,” jelasnya.

Eko menerangkan, untuk kondisi harga pokok saat ini relatif stabil. Hal tersebut juga selaras dengan sejumlah pasar di Kota Bandung.

“Kebutuhan bahan pokok penting terutama yang sehari-hari diperlukan oleh masyarakat cukup aman. Alhamdulillah aman tadi kita udah cek di Kota Bandung pun begitu di Cimahi juga sama,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menyambut dengan baik kunjungan Satgas Pangan Bareskrim Polri yang melakukan pemeriksaan kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di Pasar Atas Baru Cimahi.

“Kehadiran Tim Satgas Pangan ini sungguh luar biasa, karena melalui kehadiran mereka, kami dapat melakukan pengecekan dan pengevaluasian ulang terhadap ketersediaan harga pangan dan komoditas,” ungkap Dicky.

Selain itu, pemeriksaan yang dilakukan juga dapat memverifikasi apakah kebutuhan dasar masyarakat Cimahi telah terpenuhi atau belum.

Terutama dalam merayakan perayaan besar pada bulan Desember ini, seperti Natal dan Tahun Baru 2023/2024, ini juga merupakan langkah untuk mengurangi inflasi dan menjaga stabilitas harga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan