Ridwan Kamil Kasih Ide ini untuk Percantik Jembatan Otista Bogor

JABAR EKSPRESRidwan Kamil menyampaikan ide untuk mempercantik Jembatan Otista Kota Bogor yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 19 Desember 2023.

Ridwan Kamil mendorong kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor agar menambah sejumlah pernak-pernik khusus untuk memperkuat karakter jembatan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1920 tersebut.

Hal itu disampaikan mantan Gubernur Jawa Barat itu kepada Wali Kota Bogor Bima Arya usai ikut menghadiri peresmian rampungnya revitalisasi jembatan yang kala itu dimulai ketika Ridwan Kamil masih menjabat.

Kang Emil -sapaanya- berharap, nantinya ada penambahan kolase foto pimpinan kepala daerah Kota Bogor dari masa ke masa pada bagian railing bridge atau sandaran railing jembatan.

“Sedikit sentuhan saya mah railingnya tadi, railingnya (masih) B aja (biasa saja). Ide saya itu kotak-kotak kosongnya (ditempel) foto wali kota dari jaman ke jaman bagus itu,” kata Emil di sela-sela kerumunan warga yang meminta selfie dengannya.

BACA JUGA: Resmikan Jembatan Otista di Bogor, Ini Kesaksian Presiden Jokowi Terkait Cagar Budaya

Diketahui, Kang Emil memang terlibat sejak awal perencanaan revitalisasi Jembatan Otista beberapa tahun lalu sebelum purna tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

Dirinya juga sempat beberapa kali meninjau langsung progres pekerjaan Jembatan Otista yang menelan anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp52 miliar tersebut.

“Pokonya hidup pemimpin itu kan memudahkan urusan rakyat, rakyat di Bogor kesusahan karena kemacetan. Kita beri walaupun covid tertunda, sekitar 50 miliar, sekarang sudah terwujud,” ungkap Kang Emil.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengapresiasi Kang Emil yang berkesempatan hadir dalam prosesi peresmian Jembatan Otista.

“Ini bantuan dari Gubernur Jabar, saat itu namanya Ridwan Kamil, makanya saya mengundang khusus dan disuport oleh Kang Hasbullah dan pak Ruyat di DPRD Jabar,” katanya.

Jadi terima kasih Kang Emil, karena palunya DPRD atas koordinasi Kang Emil (mengucurkan) Rp53 miliar, pak Hasbullah, pak Ruyat hatur nuhun pisan semoga berkah bagi semua,” imbuh Bima.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya juga meminta Kang Emil untuk menuangkan ide dan gagasan terkait spot cagar budaya atau lengkungan peninggalan jaman Belanda yang berada di kolong Jembatan Otista.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan