Mekanisme Tanggapan dan Masukan Masyarakat Rekrutmen KPPS Pemilu 2024

JABAR EKSPRES – Bagi Anda yang belum mengetahui, seperti apa tahapan tanggapan dan masukan masyarakat dalam rekrutmen calon anggota KPPS Pemilu 2024 nanti? Berikut informasinya.

KPU sudah mengumumkan jadwal pelaksanaan rekrutmen anggota KPPS Pemilu 2024 yang sudah berlangsung sejak 11 Desember hingga 20 Desember 2023.

Setelah pendaftaran diterima oleh PPS di tingkat kelurahan/desa, berkas persyaratan administrasi akan diteliti apakah sudah lengkap sesuai ketentuannya atau belum.

Tak hanya penelitian administrasi, ada juga tahapan tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calong anggota KPPS yang akan dilakukan mulai 23-28 Desember 2023.

BACA JUGA: Apakah Seleksi KPPS 2024 Ada Tes dan Wawancara? Ini Tahapan Seleksinya

Tanggapan dan Masukan Masyarakat Rekrutmen KPPS

Sebelum diumumkan hasil seleksi calon anggota KPPS Pemilu 2024, akan dilaksanakan proses tanggapan dan masukan masyarakat yang dikelola oleh PPS.

Merujuk pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1669 Tahun 2023, pada tahap ini, PPS menyampaikan secara terbuka tanggapan dan masukan masyarakat mengenai calon anggota KPPS yang telah lulus dan melewati penelitian administrasi.

Adapun pengumuman tanggapan dan masukan tersebut ditempatkan di lokasi publik yang mudah diakses oleh masyarakat, serta menggunakan media informasi sebagai sarananya.

Selain itu, PPS juga akan menerima dan menanggapi respons serta masukan dari masyarakat.

Selanjutnya, PPS mengolah data dari penelitian administrasi dan hasil tindak lanjut terhadap tanggapan serta masukan masyarakat untuk membentuk hasil seleksi anggota KPPS yang dicatat dalam berita acara.

BACA JUGA: 10 Contoh Jawaban Wawancara Motivasi Ikut KPPS Pemilu 2024

Hasil seleksi tersebut kemudian disampaikan kepada KPU Kabupaten/Kota melalui platform daring paling lambat 3 (tiga) hari sebelum akhir masa pembentukan KPPS untuk diumumkan oleh KPU Kabupaten/Kota.

Setelah tahapan tanggapan dan masukan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi anggota KPPS yang akan disampaikan pada 29-30 Desember 2023.

Penetapan anggota KPPS dilakukan pada 24 Januari 2024 dan pelantikannya dijadwalkan pada 25 Januari 2024.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan