Kerusakan Masif Imbas Gempa Sukabumi, Puan Maharani Tegaskan Hal Ini

JABAR EKSPRES – Pasca gempa bumi berkekuatan M 4,6 yang mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani meminta pemerintah untuk melakukan analisa dan mitigasi.

“Diperlukan analisa dan langkah mitigasi lanjutan atas gempa yang terjadi di Sukabumi, demi memastikan keselamatan masyarakat sekitar. Apalagi gempa diduga berasal dari gempa vulkanik,” katanya dalam keterangan di Jakarta, seperti dikutip JabarEkspres.com dari sukabumi.jabarekspres.com pada Selasa, 19 Desember 2023.

Baca juga: Langkah Pemkab Sumedang dalam Amankan Aset Daerah

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani setelah melihat hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menduga adanya korelasi antara gempa bumi dengan aktivitas di Gunung Salak. Karena gempa tersebut terasa hingga Bogor dan Tangerang.

“Belajar dari erupsi Gunung Marapi, kewaspadaan harus menjadi prioritas. Kita tidak ingin ada lagi korban akibat kurang maksimalnya sistem deteksi dini,” lanjutnya.

Selain itu, Puan Maharani mengarahkan agar pemerintah lebih proaktif untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang terdampak gempa bumi, terutama wilayah Sukabumi, Bogor, dan Tangerang.

“Pemerintah harus segera mengirimkan bantuan yang dibutuhkan serta mempercepat pendataan rumah-rumah yang rusak agar bisa cepat diperbaiki,” sambungnya.

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 309 warga Kabupaten Bogor dan 38 warga Kabupaten Sukabumi terdampak gempa bumi.

Sebanyak 12 warga yang berasal dari Kabupaten Bogor telah dievakuasi karena rumahnya mengalami kerusakan masif akibat gempa bumi yang terjadi.

Selain itu, di Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 96 rumah mengalami kerusakan, dengan delapan rumah rusak sedang dan 81 rumah rusak ringan.

Sedangkan di Kabupaten Sukabumi, terdapat lima rumah rusak ringan dan dua rumah dengan kerusakan sedang.

“Kami berharap pemerintah dapat merespons dengan cepat dan mengoordinasikan upaya pemulihan rumah-rumah yang terdampak agar segera diperbaiki,” pungkasnya.

Baca juga: Upaya Masyarakat Menjaga Lestarinya Alam Bendungan Cipanas

Artikel ini telah tayang di sukabumi.jabarekspres.com dengan judul “Ketua DPR Minta Gempa Sukabumi Dianalisa”: https://sukabumi.jabarekspres.com/2023/12/19/ketua-dpr-minta-gempa-sukabumi-dianalisa/

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan