8 Amalan Ringan yang Bisa Menjadi Penghapus Dosa

JABAR EKSPRES – Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa. Banyak yang sadar dan berusaha menghapus dosanya dengan berbagai cara, salah satunya dengan memperbanyak amalan penghapus dosa.

Beberapa amalan penghapus dosa ada yang berat dan ada yang ringan untuk dilakukan. Beberapa amalan yang dirasa berat misalnya naik haji atau umroh, karena harus mengeluarkan biaya besar dan memeprsiapkan mental.

Namun amalan ini benar-benar bisa diijabah Allah, karena di tanah suci ada banyak lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa. Terutama doa meminta ampun atas dosa yang pernah dilakukan.

Baca juga :  20 Amalan Rezeki Agar Senantiasa Dilancarkan

Namun ada juga amalan yang tergolong ringan untuk dilakukan, karena hanya membutuhkan tekad atau kesungguhan hati saat melakukannya.

Berikut adalah beberapa amalan ringan yang dapat membantu menghapus dosa:

1. Tobat Nasuha (Tobat yang Benar-Benar Suci)

Allah Berfirman :

“Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’”
(Q.S. Az-Zumar [39]: 53)

2. Shalat dan Ibadah Lainnya

Allah berfirman :

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (Q.S. Al-Ankabut [29]: 45)

3.Mengerjakan Amal Saleh

Allah berfirman:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan, sedang dia beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. An-Nahl [16]: 97)

4. Mengucap Istighfar (Meminta Ampunan)

Allah berfirman:

“Berbuatlah kalian semua dengan istighfar kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang sangat lebat kepada kalian, dan menambahkan kekuatan kepada kalian.” (Q.S. Hud [11]: 52)

Baca juga : Doa dan Amalan Ketika Turun Hujan, Amalkan dan Lihat Manfaatnya

5. Memberikan Sedekah

Allah berfirman:

“Sedekah itu untuk fakir miskin yang terperosok dalam kerja (di jalan Allah) yang tidak dapat berangkat (minta-minta) di muka bumi. Orang yang tidak dapat menyelenggarakan perjalanan (untuk beribadah) karena kesempitan harta, maka orang itu dianggap orang yang kaya dari sisi Allah. Kamu sekalian hanya bisa mendekati wajah Allah dengan sedekah.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 273)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan