Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, Pemkab Bogor Berikan Ini

JABAR EKSPRES, BOGOR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan sejumlah apresiasi bagi para penggiat lingkungan yang berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Senin 18 Desember 2023.

Kegiatan Bogor Kabupaten Ramah Lingkungan (BKRL) tahun 2023 ini merupakan agenda tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada para penggiat lingkungan baik tingkat RT maupun RW. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi seluruh masyarakat dalam meningkatkan budaya peduli lingkungan.

“Kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup, dengan membangun kepedulian terhadap lingkungan. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, kampung, dan lingkungan dimana kita tinggal,” ujarnya kepada awak media pada Senin, 18 Desember 2023.

Baca juga: Realisasi Target PAD BLUD RSU Banjar Diprediksi Capai 85 Persen

Iwan menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bogor rutin mengandakan kegiatan lingkungan, antara lain pengelolaan sampah, perbaikan sanitasi, penataan lingkungan, penanaman pohon, pembuatan lubang biopori, mitigasi dan adaptasi lingkungan, serta mendorong pemanfaatan potensi.

“Serta kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga ketahanan lingkungan secara berkesinambungan,” terangnya.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Endah Nurmayanti menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor kepada RT, RW, kampung mandiri dan berkelanjutan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan.

Selain itu Juga bentuk apresiasi terhadap sekolah yang telah menerapkan dan membudayakan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.

“Penghargaan ini kami selenggarakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayahnya sendiri dengan asri, bersih dan sehat serta ramah lingkungan. Juga sebagai media edukasi kepada masyarakat mengenai perlindungan lingkungan di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa terdapat 204 KRL, ada Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, Provinsi, Mandiri dan Kabupaten. Juga terdapat kampung iklim, pendamping lingkungan hidup para wajib distribusi pengelolaan sampah telah melaksanakan retribusi pembayaran teratur dan secara online.

Kemudian, KRL Tingkat Jawara ada 3 KRL terbaik dari 8 peserta, KRL Tingkat Utama ada 3 KRL terbaik dari 21 peserta, KRL Tingkat Madya ada 6 KRL terbaik dari 98 peserta, dan KRL Tingkat Pratama 6 KRL terbaik dari 141 peserta.

Selanjutnya , untuk Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional ada 8 sekolah, Tingkat Provinsi ada 21 sekolah. Serta penghargaan perolehan Adiwiyata Tingkat Provinsi paling banyak di tahun 2023. Yang terdiri dari Sekolah Adiwiyata Mandiri 1 sekolah, Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten sebanyak 46 sekolah antara lain 31 SD, 6 SMP dan 9 SMA. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan