Imbas Demo Buruh di Disnakertrans Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Tersumbat Sejauh 2 KM

JABAR EKSPRES – Imbas demo buruh di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar) yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, membuat kemacetan yang cukup panjang, Kamis 14 Desember 2023 siang.

Berdasarkan pantauan dari Jabar Ekspres, kemacetan terjadi di jalur menuju Perempatan Kiaracondong. Diperkirakan, kemacetan terjadi dari Metro Indah Mall (MIM) atau sekitar 2 kilometer.

Penyebab utama kemacetan di Jalan Soekarno-Hatta tersebut adalah bus dari peserta demo yang terparkir di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung. Hal ini membuat pihak kepolisian melakukan buka tutup jalur.

BACA JUGA: Buruh Geruduk Disnakertrans Jabar, Tolak dan Tuntut Revisi UMK 2024

Diketahui, massa unjuk rasa berasal dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Pekerja Nasional (SPN). Mereka menuntut revisi keputusan upah minimum kota/kabupaten (UMK) tahun 2024.

“Sesuai dengan rekomendasi Bupati/walikota atau setidak-tidaknya nya UMK tahun 2024 naik 15 persen,” ungkap Roy Jinto, Ketua KSPSI Pro Jawa Barat.

Menurutnya, kenaikan UMK di Jabar tahun 2024 tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan, menjaga daya beli buruh yang terus merosot karena harga kebutuhan pokok yang naik melambung tinggi.

Gelombang demo dari buruh yang tergabung dalam “Buruh Jawa Barat” itu akan berlangsung selama dua hari. Selain hari ini, besok (15/12) mereka akan melakukan demo lagi di Gedung Sate dan Kantor Disnakertrans Jabar. (Fizh)

BACA JUGA: PP 51 Landasan Penetapan UMK 2024, Pj Gubernur Jabar: Tetap Ada Kenaikan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan