Soal Banjir Gedebage, Pemkot Bandung Rencanakan Bangun Kolam Retensi Lagi

Jabar EkspresBanjir menahun yang sering melanda kawasan Pasar Induk Gedebage bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.

Dalam kunjungan Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat meninjau lokasi banjir di Pasar Induk Gedebage. Dirinya mengungkapkan bahwa pemkot telah menemukan inti masalah infrastruktur yang mesti disorot.

“Satu di antaranya itu, bagaimana kami pastikan gorong-gorong yang ada di Jalan Soekarno-Hatta itu diperbaiki,” ungkap Bambang kepada wartawan di Gedebage, pada Rabu (13/12).

BACA JUGA: Gedebage Masih Kebanjiran, Pemkot Bandung Terus Cari Solusi

Dirinya pun tidak menampik, ada beberapa drainase atau gorong-gorong yang bakal lebih diperbesar. Bambang menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dirjen Bina Marga dan pemerintah pusat.

“Jadi dari mulai Jalan Soekarno-Hatta dulu ya. Satu di antaranya adalah disedimentasi antara Gedebage ke arah Jalan Rumah Sakit (Ujungberung),” ucap Bambang.

Selain itu, lanjutnya, ada rencana penambahan kolam retensi. Bambang menuturkan, rencananya pemkot masih mencari lahan yang potensial.

“Kemudian kita punya kewajiban untuk membangun kolam retensi (lagi),” tambahnya.

Adapun kolam retensi sebelumnya, jelas Bambang, diklaim masih optimal untuk mengurangi intensitas banjir yang terjadi saat ini. Hal tersebut bisa dilihat dari lama genangan banjir yang surut.

BACA JUGA: Kota Bandung Mulai ‘Hujan’, Pemkot Siapkan Trik Jitu Atasi Banjir

“Sudah bisa menurunkan debit air. Intensitasnya sudah bisa kita turunkan gitu frekuensi volumenya. Mudah-mudahan dengan upaya ini bisa segera diselesaikan,” jelasnya. (zar).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan