Ganjar Pranowo Gagas LP Nusakambangan Penjara untuk Koruptor

JABAREKPRES – Jika terpilih menjadi Presiden RI Pasangan Calon (Paslon) Ganjar Pranowo – Mahfud MD akan melakukan penegakan hukum secara tegas atas tindakan korupsi yang dilakukan.

Dalam kunjungannya ke Kubupaten Cirebon, Ganjar Pranowo mengatakan, para koruptor harus diberikan hukuman berat dengan ditempatkan penjara khusus di Pulau Nusakambangan.

‘’Jadi pemberantasan korupsi ini harus dilakukan secara tegas dtegakan oleh seorang pemimpin negara,’’ kata Ganjar dalam sambutanya.

Menurutnya, berdasarkan data transparansy international 2022, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di Indonesia berada pada uruan 110 dari 180 negara. Untuk skornya 34.

Hasil data ini menunjukan, kasus korupsi di Indonesia sangat tinggi dan harus segera diakukan pencegahan dan penindakan tegas.

‘’Untuk itu, salah satu tempat terbaik untuk para koruptor adalah pulau Nusakambangan, setuju tidak,’’ujar Ganjar menyerukan gagasan tersebut di hadapan ribuan mahasiswa Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kabupaten Cirebon.

Ganjar menilai, saat ini masyarakat sudah jengah dengan perilaku korupsi yag dilakukan para oknum pejabat negara.

Perilaku koruptif terjadi dengan melibatkan pejabat negara dan terjadi sudah demikian masif diberbagai tiingkatan.

Untuk itu, agar prilaku korutif ini tidak terjadi lagi maka negara harus turun tangan untuk melakukan pembenahan dalam sistem pemerintahan.

Slain itu, keberadaan Komisi Pemberantasan Korusi (KPK) harus diperkuat untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

Posisi KPK harus independen dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Dengan begitu, KPK dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksiya.

Prilaku korupsi harus ditekan, agar menjadikan Indonesia semakin unggul di mata dunia dengan pertumbhan ekonomi yang semakin meningkat,’’ cetus Ganjar.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Tama Satrya Langkun Ganjar menilai, wacana LP Nusakambangan jadi penjara koruptor yang digagas ganjar sebagai bukti keberanian dan komitmen dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air

‘’Salah satunya adalah upaya memaksimalkan hukuman bagi para terpidana korupsi,’’ kata dia.

Menurutnya, gagasan penempatan para pelaku kopsi ke LP Nusakambangan adalah gagasan yang sangat tepat untuk membeikan efek jera.

‘Selama ini keberadaan penjara koruptor ditempatkan di LP Sukamiskin Kota Badung, sehingga, pemindahan para naraidana koruptor ini pasti akan dilakukan jika Ganjar – Mahfud MD menang jadi presiden nanti,’’ kata dia. (**/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan