Bansos PKH Cair Lagi Desember 2023, Begini Cara Cek Melalui Web Kemensos

JABAR EKSPRES- Penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (bansos PKH) kembali dilaksanakan pada bulan Desember ini. Para penerima manfaat dapat melakukan pengecekan daftar penerima melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id. Bantuan sosial untuk PKH Desember 2023 dipastikan akan segera cair kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) guna memenuhi kebutuhan pangan.

BACA JUGA: BLT EL Nino Desember 2023, Bantuan Sebesar Rp400 Ribu Akan Segera Disalurkan

Prosedur untuk mengetahui apakah seseorang termasuk dalam kategori penerima bantuan PKH Desember 2023 dapat dilakukan secara online melalui portal cekbansos.kemensos.go.id. Pemberian bantuan sosial terus diupayakan agar dapat dinikmati oleh masyarakat pada bulan Desember, memastikan kecukupan kebutuhan pangan menjelang akhir tahun.

Penerima PKH terbagi dalam 7 kategori yang mencakup, antara lain, ibu hamil dan anak sekolah. Pengecekan nama penerima bantuan PKH dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengetikkan nama KPM sesuai dengan KTP. Sebagai contoh, ibu hamil dapat menerima bantuan sebesar Rp750 ribu melalui program PKH, dan informasi tersebut dapat dicek secara mandiri melalui link berikut:

Akses cekbansos.kemensos.go.id melalui perangkat seluler.

KPM yang telah terdaftar dapat memeriksa status bantuan mereka melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Informasi mengenai daftar penerima Bansos PKH 2023 Tahap 4 juga dapat diakses melalui tautan yang sama. Setelah mendapatkan jadwal pencairan dari Kementerian Sosial (Kemensos), KPM dapat melakukan pencairan bantuan PKH 2023 di bank Himbara atau kantor Pos.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengecek status dan mencairkan bantuan Bansos PKH 2023:

Cara Mengecek Status Bansos PKH 2023:

  • Buka cekbansos.kemensos.go.id di browser web Anda.
  • Isi detail Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan Anda.
  • Masukkan nama Penerima Manfaat sesuai dengan KTP.
  • Ketikkan kode yang muncul di kotak kode.
  • Klik “CARI DATA” untuk melihat informasi Anda.
  • Masyarakat yang belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dapat mendaftar secara mandiri di kantor desa mereka untuk terdata di DTKS Kemensos.

Cara Mencairkan Bansos PKH 2023:

Pencairan Bansos PKH 2023 dapat dilakukan di Pos Indonesia dengan tiga skema yang ditawarkan:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan