3 Usulan Nama Pj Bupati Ciamis dari Pemprov Jabar, Ada Nama Staf Ahli Pemprov ‘Si Putra Daerah’

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) telah resmi mengusulkan tiga nama calon untuk Penjabat (Pj) Bupati Ciamis ke Presiden melalui Kemendagri. Dari tiga nama yang diusulkan Pj Gubernur Jabar itu, salah satunya ada Engkus Sutisna. Engkus merupakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik di Pemprov Jabar.

Mantan Plt Kadisdukcapil Provinsi Jabar ini pernah mengenyam pendidikan SMP dan SMA di Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Engkus lahir di Ciamis pada 8 Oktober 1964. Pada tahun 2000 ia bertugas di Kabupaten Bogor sebagai Sekpri Bupati Bogor. Tahun 2011 ia masuk ke BNP Jabar. Kemudian, menjabat sebagai Kadispora Provinsi Jabar pada tahun 2019. Mulai tahun 2022 ia diangkat menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemprov Jabar.

Sementara, dua pejabat lainnya yang sama-sama diusulkan Pemprov Jabar sebagai calon Pj Bupati adalah A. Koswara MP yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Jabar. Satu lagi, yaitu I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka. Ia merupakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Pemprov Jabar.

Tiga nama yang telah diusulkan Pemprov Jabar itu untuk menggantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra yang akan habis masa jabatannya pada 31 Desember 2023 ini.

BACA JUGA: UMK Ciamis 2024 Naik! Cuma Setara 5 Kg Beras

“Betul, nama saya ada dalam daftar yang diusulkan oleh Pemprov Jabar sebagai calon Pj Bupati Ciamis,” kata Engkus Sutisna kepada Jabar Ekspres, Sabtu 9 Desember 2023.

Sementara itu, DPRD Ciamis juga memiliki kesempatan untuk mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati kepada pemerintah pusat. Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti terkait pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Ciamis sekaligus mengusulkan tiga nama untuk memimpin daerah itu ke Kemendagri. Namun sejauh ini, DPRD Ciamis masih merahasiakan tiga nama yang menjadi usulannya tersebut.

“Kami sudah menindaklanjutinya dengan berkirim surat ke Mendagri melalui Gubernur Jabar untuk mengusulkan SK pemberhentian Bupati Herdiat dan Wabup Yana. Sekaligus juga mengirimkan surat usulan 3 nama untuk Penjabat (Pj) Bupati Ciamis,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan