3 Perbedaan Utama Gas CNG, LNG dan LPG, Ini Kegunaannya

JABAR EKSPRES – Ini dia perbedaan utama gas CNG, LNG dan LPG. Ketiga gas tersebut memiliki perbedaan dalam kegunaannya lho!

LPG adalah istilah familiar dengan penggunaan gas di Indonesia. Selain LPG, ada juga yang dikenal sebagai LNG dan CNG.

Bagi banyak orang, pertanyaan tentang perbedaan antara ketiganya mungkin sering muncul.

Meskipun ketiganya merupakan jenis gas, namun kandungan, proses produksi, dan penggunaannya memiliki perbedaan yang signifikan.

BACA JUGA: Kerugian Toko Capai Rp200 Juta, Imbas Tabung Gas CNG Meledak di Jalan Sukabumi-Bogor

CNG merupakan kependekan dari Compressed Natural Gas, sedangkan LPG merupakan kependekan dari Liquefied Petroleum Gas. Kemudian LNG adalah singkatan dari Liquefied Natural Gas.

3 Perbedaan CNG, LNG dan LPG

Berikut JabarEkspres.com rangkum dari unggahan Instagram @gas_negara, beberapa perbedaan utama yang dapat Anda ketahui:

1. Segi Kandungan

Dalam hal kandungan, CNG dan LNG memiliki komposisi yang terdiri dari etana dan metana, sedangkan LPG terdiri dari butana dan propana.

2. Segi pemrosesan

Asal usulnya pun berbeda, dengan LPG berasal dari pengolahan minyak bumi atau minyak mentah, CNG berasal dari gas alam yang terkompresi, dan LNG berasal dari gas alam yang dicairkan.

3. Segi kegunaan

Tidak hanya itu, perbedaan juga terlihat dalam penggunaan masing-masing gas. CNG banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan, industri, dan pembangkit listrik, yang dapat ditemui di SPBG PGN.

LNG digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, industri, pembangkit listrik, dan sebagai bahan baku pembuatan pupuk. Sementara itu, LPG lebih umum digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan dalam industri.

BACA JUGA: Pencarian Tabung Gas CNG Terus Berlanjut, Hasilnya Tetap Nihil

Penting untuk dipahami bahwa meskipun ketiganya adalah gas, perbedaan ini mencakup segala hal mulai dari kandungan hingga penggunaan praktisnya.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang perbedaan ini dapat membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat dalam penggunaan gas yang sesuai dengan kebutuhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan