Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang, Puluhan Rumah di Desa Bojongmalaka Rusak

JABAR EKSPRES – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Jumat, 8 Desember 2023, siang tadi, membuat puluhan rumah di Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung rusak.

Kepala Desa Bojongmalaka, Dedi Darmawan, membenarkan bahwa saat ini, sebanyak 45 rumah terkena dampak dari hujan deras dan angin yang terjadi.

“Ada 45 rumah yang terdampak, dan kami masih melakukan pendataan saat ini takutnya bertambah,” ujar Dedi saat ditemui di lokasi, Jumat, 8 Desember 2023.

Dedi menjelaskan, dirinya menerima laporan adanya rumah rusak sekitar pukul 15.00 WIB dan saat ini terus dilakukan pendataan.

BACA JUGA: Masuki Musim Hujan, Warga Kabupaten Bandung Perlu Waspadai Potensi Bencana

“Saat ini kami terus melakukan pendataan di lapangan karena bisa saja terus bertambah,” katanya.

Dedi menambahkan, dari 45 rumah yang terdampak, semua kerusakannya bervariatif. Mulai dari kerusakan ringan hingga berat.

“Kerusakan itu variatif. Ada yang ringan, kaya genteng terbawa angin dan juga barang-barang (rusak). Terus ada juga yang beberapa (rumah) roboh atapnya,” tuturnya.

Dedi menambahkan, 45 rumah yang terdampak itu merupakan total dari 9 RW yang berada di Desa Bojong Malaka. Dan yang paling sangat terdampak berada di RW 5 dan 11, dengan total 6 rumah.

“Yang paling parah itu di RW 5 dan 11. Total ada 4 rumah rusak akibat puting beliung. Satu rumah roboh akibat terbawa angin dan atap rumahnya menimpa satu rumah lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA: SDN Baturengat 01 Desa Cigondewah Hilir Terendam Banjir, Ujian Semester Ditunda

Selain itu, Dedi menjelaskan jika dalam kejadian ini dirinya belum menerima adanya laporan terkait korban jiwa atau korban luka-luka.

“Tidak ada laporan adanya korban jiwa maupun luka-luka,” ungkapnya.

Terkait bantuan, kata Dedi, pihaknya masih melakukan pendataan. Namun, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten Bandung.

“Kita sudah buat laporan sambil terus melakukan pendataan berapa rumah yang terkena dampak,” pungkasnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan