KPU KBB Terima Jutaan Logistik Tiga Jenis Surat Suara

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerima tiga jenis surat suara Pemilu Serentak 2024. Jutaan surat suara yang diterima, mulai dari presiden dan wakil presiden, DPD, dan DPRD.

Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, KPU Bandung Barat, Warna Gumilang mengatakan, total surat suara yang diterima 4.038.738 lembar, dengan rincian surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 1.346.246 lembar, surat suara DPD Provinsi Jawa Barat 1.346.246 lembar, dan surat suara DPRD Bandung Barat 1.346.246 lembar.

BACA JUGA: Pro Kontra Dinasti Politik Kota Banjar Mencuat, Jauh Sebelum Pilkada 2024

“Jumlah tersebut sudah termasuk surat suara cadangan sebanyak 1.000 lembar untuk masing-masing jenis surat suara,” kata Gumilang di Padalarang, Jumat, 8 Desember 2023.

Ia mengatakan, logistik tersebut diangkut dari kawasan industri Rancaekek Bandung ke gudang KPU Bandung Barat di Kampung Cibinbin, RT 05/04 Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang. Distribusi memakai 6 truk kontainer dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Menurutnya, KPU tinggal menunggu kiriman dua jenis surat suara lagi yakni untuk pemilihan DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPR RI. Berdasarkan informasi KPU pusat, pengiriman dua jenis surat suara ini bakal dilakukan 20 Desember 2023.

BACA JUGA: Ribuan Kasus Pneumonia di KBB, Balita Paling Rentan Terpapar

“Untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPR RI ditargetkan 20 Desember 2023. Kita masih menunggu kabar dari percetakan. Lokasinya di Jawa Timur,” tambahnya.

Gumilang menjelaskan setelah lima jenis surat suara komplit dikirim ke gudang KPU. Nanti akan dilaksanakan pelipatan surat suara pada awal Januari 2024. Setelah itu rampung baru dilaksanakan distribusi ke masing-masing TPS.

“Kita targetkan pelipatan surat suara pada Januari tahun depan. Karena kami harus menunggu dulu semua jenis surat suara komplit,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan